img-20170720-wa0002.jpg

Mahasiswi Biologi Juara 3 Lomba Cerpen DIY

 

Wika G. Wulandari, mahasiswi Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menjadi juara 3 lomba cipta cerpen remaja yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Yogyakarta (BBY). Lomba yang diperuntukkan bagi remaja Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tersebut mencakup tiga tangkai, yakni cipta puisi, cerpen, dan esai.

Peraih juara 1 Peksiminas XIII 2016 tangkai lomba cerpen ini memiliki resep tersendiri untuk menulis. Ia aktif dan banyak memerhatikan lingkungan sekitarnya.

“Ide unik selalu muncul di sela hiruk-pikuk. Jadi, saya mencoba untuk mengasah diri dengan memerhatikan lingkungan sekitar.”

Selain ide, yang terpenting baginya adalah membagi waktu. Wika tidak merecoki waktu kuliah, nugas, dan liburan.

“Nulis itu tergantung mood dan keharusan. Kalau lagi mood nulis ya nulis, tetapi dengan catatan tidak sedang waktu ujian. Kalau lagi mood belajar ya belajar, tapi dengan catatan tidak sedang liburan,” ungkapnya santai.

Mahasiswi yang mengidolakan Yanusa Nugroho ini memiliki target minimal mengoleksi satu sertifikat lomba cipta cerpen dalam rentang waktu satu tahun. Kesibukan kuliah tidak menjadi penghambat bagi Wika untuk terus berprestasi.

“Sebenarnya, semua tergantung dari kemauan. Kalau kuat dan niat nulis, pasti bisa membagi waktu,” tukasnya.

Perlu diketahui, selain Wika yang menjadi juara 3 tangkai lomba cipta cerpen, Ilham Rabbani dari PBSI UAD juga meraih juara 2 cipta puisi. Keduanya berhasil mengangkat tropi mengharumkan nama UAD di kancah kesusastraan DIY. (ard)