You are here

Makrab, Menjaga Silaturahmi

Indonesian

 

Hipunan Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia (HMPS PRISAI)  Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan malam keakraban (Makrab) di Pantai Goa Cemara Yoyakarta (7-8/10/2017). Acara ini mengangkat tema “Berproses dalam Sastra”. Makrab dibuka oleh ketua HMPS Sastra Indonesia dan dilanjutkan dengan perkenalan antara panitia dan peserta.

Acara inti berlangsung malam hari yang diisi dengan pembekalan pengetahuan untuk mahasiswa baru (Maba) dengan pemateri Elki Setiyo H. Dan Iqbal H. Saputra. Elki menyampaikan tentang kesadaran menulis dan membaca, sedangkan Iqbal menjelaskan dasar-dasar ilmu sastra yang harus diketahui Maba.

Setelah pembekalan pengetahuan, sesi selanjutnya pentas seni (pensi) yang diadakan di tepian pantai dan hangatnya nyala api unggun. Empat kelompok maba menampilkan karya terbaiknya dan dilanjutkan oleh panitia. Pensi bertujuan untuk mendekatkan satu sama lain dan menjaga silaturahmi antarmahasiswa.

Di hari Minggu, ada outbond dan pengumuman kelompok terbaik. Outbond dilangsungkan dengan beragam permainan seperti membuat puisi berantai, pantun, dan memasukan bola ke gawang kecil dengan menendang menghadap ke belakang. Panitia memberi hadiah bingkisan kepada kelompok terbaik dan ada sesi pemberian pesan kesan.

Farid Zaki Abdullah, perwakilan dari peserta menyampaikan harapannya agar mahasiswa Sastra Indonesia bisa saling kenal dan menjadi lebih akrab antarangkatan.