rektor_uad_membuka_acara_workshop_ilkom_dan_apik_1.jpg

Menanggapi Tantangan Teknologi

Program Studi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Sastra Budaya dan Komunikasi (FSBK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerja sama dengan Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi (APIK) Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) menyelenggarakan workshop di Grand Orchid, Selasa (23-24/1/2018).

 

Kegiatan ini mengusung tema “Workshop Penulisan Artikel Internasional Bereputasi, Pengelolaan Jurnal Terakreditasi, dan Rapat Kerja APIK PTM 2018”. Hadir sebagai pembicara Prof. Dr. Widodo Muktiyo dari UNS, Munawar A. Riyadi, S.T., M.T.,Ph.D. dari UNDIP, dan Andri Pranolo, S.Kom.,M.Cs. dari UAD.

 

Pada sambutan sekaligus membuka acara, Rektor UAD Dr. Kasiyarno, M.Hum., sangat mengapresiasi kegiatan ini. Pasalnya, UAD merupakan perguruan tinggi yang memiliki respons cepat terhadap perkembangan teknologi dan fokus pada peningkatan sumber daya manusia.

“Saat ini, Program Studi Ilkom di PTM sekitar 25. Kerja sama antar PTM, khususnya bidang Ilkom, kami rasa harus digiatkan dan penting di era yang sangat kompetitif. Ke depan, ilmu komunikasi memiliki tantangan yang luar biasa. Teknologi semakin maju, dan manusia harus segera menyesuaikan diri,” papar Kasiyarno.

 

Selain itu, ia menggarisbawahi bahwa dosen dan mahasiswa harus meningkatkan produktivitas agar tidak terjajah oleh teknologi, misalnya penggunaan gawai yang berlebihan. Produktivitas  tersebut dapat dilakukan dengan melahirkan gagasan-gagasan yang kreatif, inovatif, dan berkualitas. Untuk dosen, Kasiyarno mengarapkan ada peningkatan pemuatan artikel pada jurnal yang terindeks secara nasional maupun internasional. (ard)