You are here

MPR RI Sosialisasi Empat Pilar di UAD

Indonesian

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta bekerja sama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) menyelenggarakan sosialisasi empat pilar MPR RI.

Sosialisasi ini mengangkat tajuk “Pemahaman Pancasila sebagai Darul Ahdi Wa Syahadah” dengan pembicara Muhammad Afnan Hadikusumo selaku Anggota DPD RI DIY dan Dikdik Baehaqi Arif, S.Pd.,M.Pd. yang merupakan dosen PPKn UAD.

Acara yang berlangsung Sabtu (8/9/2018), di auditorium kampus 2 UAD, Jln. Pramuka 42, Yogyakarta, ini dipelopori oleh alumni PPKn. Empat pilar yang dibahas terkait Pancasila, Undang-Undang Dasar RI 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Pada sambutan sekaligus membuka acara, Wakil Rektor I UAD Dr. Muchlas, M.T. menyampaikan pentingnya memahami Pancasila bagi sivitas akademika UAD. “Kami berharap seluruh sivitas UAD memiliki komitmen yang lebih mantap dalam meyakini NKRI yang berdasar pada Pancasila,” ujarnya.

Sementera, terkait tajuk, Muchlas menjelaskan Pancasila dalam pandangan Muhammadiyah sebagai Darul Ahdi Wa Syahadah sudah final. Pancasila sebagai dasar negara yang merdeka. Untuk itu, saat ini kemerdekaan harus dirawat dengan mengisi melalui berbagai gerakan untuk menyejahterakan masyarakat.

“Konsep pandangan kenegaraan Muhammadiyah tentang Pancasila ini harus terus disosialisasikan agar seluruh kader mengetahuinya.” (ard)