You are here

Orientasi dan Stadium General Maba Pascasarjana UAD

Indonesian

Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta selenggarakan orientasi dan stadium general kepada mahasiswa baru tahun akademis 2017/2018. Acara ini mengangkat tema “Strategi Membangun Peradaban Islam yang Berkemajuan” dengan pembicara Drs. Suwarsono Muhammad, M.A. Ia merupakan penasihat KPK periode 2013-2015, pengurus Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dan praktisi penyehatan organisasi.

Dalam sambutannya, Direktur Pascasarjana UAD, Prof. Ahmad Mursyidi, M.Sc.,Apt., menyampaikan bahwa orientasi dan stadium general ini menjadi kuliah perdana yang dapat menjadi bekal bagi mahasiswa pascasarjana.

“Semoga kuliah perdana ini akan memberikan kebaikan di masa yang akan datang selama menempuh pendidikan di UAD. Ilmu pengetahuan harus dibarengi dengan etika Islam yang baik. Perlu mahasiswa ketahui, sejak dulu perkembangan ilmu pengetahuan dimotori umat Islam dan saat ini UAD menjadi salah satu bagian penting dari perkembangannya,” terang Ahmad Mursyidi.

Ia memiliki harapan agar mahasiswa memiliki rasa haus untuk terus belajar yang dibarengi dengan ilmu agama. Sebab, ilmu agama ilmu sangat diperlukan untuk melaksanakan misi keagamaan. Islam mengajarkan misi kehambaan dan misi kekhalifahan.

Sementara Drs. Suwarsono Muhammad, M.A. sebagai pembicara menyampaikan bahwa ilmu pengetahuan harus bermanfaat bagi masyarakat tanpa  memandang perbedaan latar belakang suku, ras, dan agama.

“Salah satu ciri cendekiawan adalah selalu gelisah. Harus ada sesuatu yang terus dipikirkan dan dikerjakan,” ungkapnya saat mengawali paparannya di auditorium kampus 3 UAD, Sabtu (16/9/2017). (ard)