You are here

Panjat Pohon Cengkeh Dapat Balon Berhadiah

Indonesian

“Siang hari saat mau mencari rumput, saya dengar letusan. Ada sekumpulan balon nyangkut di pohon cengkeh halaman rumah. Karena penasaran kemudian saya panjat dan ambil balon beserta banner bertuliskan Milad UAD ke-57.”

Demikian yang disampaikan Midomo, penemu balon berhadiah yang diterbangkan dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Minggu (14/1/2018). Balon-balon tersebut dilepas saat acara family gathering di kampus 4 UAD, Jln. Ringroad Selatan, Tamanan, Bantul.

Midomo merupakan salah satu masyarakat yang tinggal di kawasan Gunung Wilis, Madiun, Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 2.563 meter di atas permukaan laut. Sehari-hari ia bekerja sebagai buruh tani dan mencari rumput untuk ternaknya. Sesekali diselingi merawat pohon cengkeh, cokelat, manggis, dan durian yang mulai ditanam 4 tahun lalu.

“Alhamdulillah, saya dapat balon dan banner ini. Awalnya saya ragu ini asli atau penipuan, kemudian saya bertanya kepada saudara dan keluarga untuk meyakinkan. Setelahnya saya menghubungi nomor yang tertera atas nama Saryanto,” terang laki-laki yang sudah dikaruniai dua anak ini.

Minggu malam pukul sembilan, berbekal uang pinjaman dari saudara, suami dari Nur Hidayah ini berangkat menuju Yogyakarta. Sepanjang perjalanan, ia masih belum yakin seratus persen mengenai balon berhadiah tersebut. Dari penuturannya, terakhir kali ia ke Yogyakarta sekitar tahun 2000-an awal sewaktu masih SMP.

Setelah menempuh 5 jam perjalanan dari Madiun, Midomo menghabiskan waktu menunggu di sebuah bengkel pertigaan di antara Jln. Kapas dan Jln. Kusumanegara.

“Saya sampai di UAD pukul 2 pagi dan gerbangnya masih tutup, masih dengan perasaan was-was dan belum yakin.”

Perjuangannya dari Dukuh Totokan, Bolo, Madiun, yang terletak di sekitar Gunung Wilis membuahkan hasil. Ia disambut oleh Rektor UAD Dr. Kasiyarno, M.Hum., Wakil Rektor I Dr. Muchlas, M.T., dan perwakilan panitia Milad UAD dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Pada pertemuan itu, secara resmi Kasiyarno mewakili UAD menyerahkan uang senilai 2 juta sebagai hadiah, ganti uang transport sejumlah 250 ribu rupiah, dan beberapa cendera mata.

“Selamat Milad UAD yang ke-57. Saya mengucapkan terima kasih banyak, semoga UAD semakin maju dan dikenal masyarakat. Rencananya uang ini akan saya gunakan untuk biaya sekolah dan membelikan HP Mirwa Sofiana, anak pertama saya.” (ard)