You are here

Pendidikan Biologi Siap Selenggarakan Symbion 2015

Indonesian

 

 

 

 

 

 

 

 

Keanekaragaman hayati (biodiversitas) mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia. Antara lain sebagai sumber pangan, sandang, bahan bangunan, plasma nutfah, obat-obatan, keilmuan, dan keindahan. Namun, merosotnya tingkat biodiversitas menjadi ancaman serius bagi keberlanjutan kehidupan. Dalam hal ini, manusia mempunyai peran yang besar. Sebab, perubahan keanekaragaman hayati secara global sebagian besar disebabkan oleh aktivitas manusia, mulai dari bencana alam maupun seleksi alam. Inilah yang menjadikan isu penting dalam keprihatinan dunia.

Gerakan untuk memahami kembali eksistensi biodiversitas secara kolegial yang wujud di dalam masyarakat, penting dilakukan secara sistematis dan simultan. Kearifan atas biodiversitas harus menjadi milik setiap insan dan membudaya dalam setiap nadi kehidupan masyarakat. Ini menjadi proses perubahan nilai yang tidak mudah karena harus berhadapan dengan arus kapitalisme dan konsumerisme. Melalui pendidikan formal maupun nonformal, perubahan tersebut diharapkan dapat terwujud.

Biodiversitas terinternalisasi dalam pendidikan menjadi sumber belajar, sekaligus penanaman nilai-nilai moral bagi masyarakat. Sebab, biodiversitas berperan sebagai sumber inspirasi bagi dunia pendidikan.

Untuk itu, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan (FKIP-UAD) sebagai salah satu LPTK Muhammadiyah berkomitmen mengadakan simposium nasional dengan tema “Edubiodiversity: Inspiring Education with Biodiversity”. Kegiatan ini memfasilitasi para dosen, guru, peneliti, mahasiswa, praktisi, dan konsultan pendidikan untuk berbagi pemikiran. Secara teknis, pelaksanaan simposium akan memberikan banyak informasi, semangat, dan realisasi tanggung jawab bersama atas kepedulian masa depan bangsa.

Harapannya, dosen, guru, peneliti, mahasiswa, praktisi, dan konsultan pendidikan dapat memaparkan serta berdiskusi tentang hasil pemikiran ataupun penelitian mereka masing-masing dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Kegiatan simposium nasional dan expo ini direncanakan terselenggara pada Sabtu, 4 April 2015 di Asri Medical Center (AMC), Wirobrajan, Yogyakarta. Sementara untuk kegiatan city tour akan dilaksanakan pada Minggu, 5 April 2015 pukul. 09.00−16.00 WIB bertempat di beberapa spot biodiversitas Indonesia yang ada di Yogyakarta, seperti Taman Nasional Gunung Merapi.

Hadir sebagai pembicara utama adalah Butch O Soulon (University Nueva Caceres, Filipina), Dr. H. Sulistiyo, M.Pd. (Ketua Umum PGRI Pusat), Prof. Dr. Yayuk Rahayuningsih S, M.Sc. (Bid. Zoologi Puslit Biologi LIPI), serta Prof. Dr. Suharsimi Arikunto (UAD).

Untuk informasi selengkapnya, dapat menghubungi panitia, yakni Yahya Hanafi, M.Sc. (0877 38 999 334), Risanti Dhaniaputri (085 228 838 836), atau menghubungi kantor kampus III UAD Jl. Prof Soepomo, Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta, 55164 telp. 0274–563515 ext. 3411 faks. 0274–564604.