You are here

Peringati Milad ke-16, FKM Selenggarakan Seminar Kesehatan

Indonesian

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan seminar kesehatan dengan tajuk “Mewujudkan Masyarakat Sehat dengan Healthy City dan Healthy Tourism”, Senin (7/5/2018). Kegiatan yang berlangsung di aula barat kampus 4 UAD, Jln. Ringroad Selatan, Tamanan, Bantul, Yogyakarta, merupakan salah satu rangkaian Milad FKM ke-16.

Ahmad Ahid Mudayana, S.K.M.,M.P.H., mewakili panitia menyampaikan, seminar kesehatan ini tidak terlepas dari visi FKM UAD untuk mewujudkan masyarakat sehat di perkotaan dan kawasan wisata. Seminar kesehatan diikuti sekitar 250 peserta yang merupakan mahasiswa, praktisi kesehatan, dan alumni.

“FKM UAD ada di perkotaan dan wilayah wisata. Jadi, kami ingin berkontribusi untuk menyadarkan masyarakat dan mewujudkan kota yang sehat. Terciptanya kota sehat bisa menjadi percontohan bagi kota-kota lainnya,” papar Ahmad Ahid.

Sementara Dekan FKM Lina Handayani, S.K.M.,M.Kes., Ph.D. menyampaikan, tema yang diangkat merupakan bukti nyata kepedulian FKM untuk mewujudkan masyarakat, kota, dan wisata yang sehat. Pada Milad ke-16 ini, ia berharap FKM bisa semakin maju dan bermaslahat.

Seminar kesehatan ini menghadirkan empat pemateri. Pada panel pertama Jati Untari, S.K.M.,M.Kes., menyampaikan materi peran ahli kesehatan masyarakat dalam mewujudkan masyarakat sehat. Sementara drg. M. Taufik Abdul Kadir, M.Kes. dari bidang pelayanan kesehatan Dinkes DIY memberikan materi integrasi akademisi dan dinas kesehatan dalam mewujudkan health city.

Pada panel kedua Ir. Aris Riyanta, M.Si. Kepala Dinas Pariwisata DIY menyampaikan materi integrasi akademisi dan dinas pariwisata dalam mewujudkan health city. Pembicara terakhir drh. Asep Rustiawan, M.S. memberikan materi peran kesehatan masyarakat dalam mewujudkan Healthy City dan Healthy Tourism.

Di akhir acara ada pembagian hadiah, trofi, dan sertifikat bagi pemenang lomba debat, tahfiz, serta poster dalam rangka memperingati Milad FKM UAD ke-16. (ard)