You are here

PGSD UAD Bekali Mahasiswa Mitigasi Bencana

Indonesian

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan kuliah gabungan mata kuliah Materi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Sabtu (7/4/2018). Kuliah ini dalam rangka menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) dan menyiapkan calon pendidik Sekolah Dasar (SD) yang tangguh terhadap bencana.

 

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang kelas lantai 3 gedung baru kampus 5 UAD diikuti oleh 350-an mahasiswa PGSD semester 4. Hadir sebagai pemateri Budi Santoso, S.Psi. dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Divisi Pengurangan Risiko dan Kesiapsiagaan.

Menurut Budi, saat ini para calon pendidik harus dibekali dengan kemampuan terkait kebencanaan. Minimal harus menguasai manajemen dan mekanisme kesiapsiagaan.

“Kemampuan tanggap bencana harus dimiliki calon pendidik. Mereka adalah agen perubahan yang memiliki potensi meminimalisir dampak bencana,” tandasnya.

 

Ia menambahkan, semua elemen di masyarakat, termasuk perguruan tinggi harus berkontribusi mengurangi risiko terjadinya bencana. Dari penjelasannya, bencana terbagi menjadi beberapa, di antaranya bencana alam, non-alam, serta bencana sosial.

Sementara salah satu dosen pengampu mata kuliah Materi Pembelajaran IPS, Kirana Prama Dewi, S.Sos., M.Pd. menjelaskan, kegiatan ini untuk memaksimalkan potensi calon pendidik dalam mewujudkan sekolah yang tangguh bencana.

“Kami ingin menyiapkan calon pendidik yang tanggap terhadap bencana. Materi yang disampaikan merupakan pengetahuan mengenai gejala alam dan mitigasi yang juga diajarkan di SD,” jelas Kirana. (ard)