PKM-P Mahasiswa Psikologi: Pelatihan Kompetensi Sosial terhadap Perilaku Cyberbullying Siswa SMP

Kemenristek Dikti memberi hibah dana kepada tiga mahasiswa Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang tergabung dalam Program Penelitian Mahasiswa Penelitian (PKM-P). Penelitian yang dilakukan terkait pelatihan kompetensi sosial terhadap perilaku agresivitas cyberbullying.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Amalia Laili Barokah, Normalika, Ira Fitriawati, dan sebagai dosen pendamping Dr. Hadi Suyono, M.Si. Tujuan utama penelitian ini untuk menurunkan agresivitas perilaku cyberbullying pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui pelatihan kompetensi sosial.

Cyberbullying merupakan istilah yang merujuk kepada penggunaan teknologi informasi untuk mengintimidasi seseorang dengan mengirim atau memposting kalimat ancaman. Pengertian cyberbullying sudah ditambahkan dalam kamus Oxford English Dictionary (OED) sejak 2010.

Saat ini, sebagian besar anak-anak dan remaja di Indonesia dapat dengan mudahnya mengakses internet untuk mencari berbagai macam informasi, berkomunikasi, serta sebagai ajang eksistensi diri. Terhitung pengguna internet usia anak-anak di Indonesia mencapai angka 75 juta.

Di Indonesia sendiri, kasus cyberbullying bukan merupakan hal baru lagi. Mudahnya akses internet dengan intensitas berkelanjutan memiliki risiko dan bahaya bagi anak-anak. Secara tidak sadar, mereka bisa menjadi pelaku maupun korban dari cyberbullying. Data lain menyebutkan, semakin tinggi kompetensi sosial maka tingkat cyberbullying akan semakin rendah. Hal ini berlaku juga untuk kebalikannya.

Berdasar permasalahan tersebut, tim peneliti yang diketuai Amalia ini memiliki inisiasi keilmuan untuk melakukan pelatihan kompetensi sosial yang bertujuan menurunkan tingkat agresivitas perilaku cyberbullying, terutama pada anak-anak dan remaja. Melalui pelatihan ini diharapkan para remaja dapat memahami pentingnya rasa tanggung jawab, tenggang rasa, dan toleransi terhadap sesama.

Terkait dengan aplikasi pelatihan, tim ini sudah beberapa kali melakukan pelatihan kompetensi sosial. Terbaru, mereka mengadakan pelatihan di SMP Muhammadiyah 1 Moyudan. Pelatihan berlangsung sejak Rabu (7/6/2017) sampai Kamis (8/6/2017). Pelatihan ini juga menggandeng Intensif Studi Psikologi Humanitas Transformatif (Insight Community) dari Fakultas Psikologi UAD sebagai tim pendamping pelaksana kegiatan. (ard)