tfgh.jpg

Prodi PGSD UAD Raih Juara 1 LKTI Nasional

          Semangat berprestasi yang dipelihara oleh Nurul Eka Pramesti dan tim mengantar prestasi juara 1 lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional. Kegiatan ini diselenggarakan di Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat. Dalam proses meraih prestasi TIM PGSD UAD ini bersaing dengan  85 perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Tim Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada ajang kompetisi ilmiah itu mengangkat judul “Pop Up Matematika 3D sebagai Upaya Mengingatkan Karakter Mandiri dan Rasa Ingin Tahu pada Siswa Diskalkulia.”

            “Bukan hal yang mudah untuk menghasilkan hal yang luar biasa.  Kita memulai dari nol. Persiapan yang dilakukan secara maksimal  dengan memerlukan waktu sekitar satu bulan untuk menggarap semuanya. Mulai dari mencari referensi buku, judul, dan lain-lain.,” kenang Esti panggilan Akrabnya saat ditemui Sabtu (12/11/16).

“Mahasiswi PGSD semester V tersebut mengaku bahwa tidak mudah menentukan sesuatu terlebih judul. Meskipun akhirnya dengan mantab kami memilih judul seperti yang diinginkan, “katanya lagi.

            Harapan yang ingin diraih dari  Tim LKTI ini adalah media pembeajaran yang dirancang dapat membantu siswa  mampu belajar secara mandiri. Selain hal tersebut siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ide menciptakan karya ilmiah ini, tutur Esti,  didapat dari internet. “Setelah memantapkan ide, langkah berikutnya dari tim konsultasi dengan dosen.  Alhamdulillah dosen bersedia membimbimg kami. Beliau adalah Bapak Muh. Ragil Kurniawan, M.Pd,” tuturnya. (As/AKN)