You are here

Program Studi Teknik Industri Perkenalakan Dunia Kerja Melalui Alumni

Indonesian

Dunia kerja kerap sekali menjadi momok menakutkan bagi mahasiswa yang hampir menyelesaikan studi jenjang S1. Tidak terkecuali Program Studi Teknik Industri Universitas Ahmad Dahlan (TI-UAD). Keresahan tersebut akhirnya direspons oleh Prodi FTI dengan mengadakan studium general untuk mahasiswanya.

Kegiatan yang dilaksanakan di auditorium D kampus 3 UAD  tersebut mengangkat tema “Membuka Wawasan Mahasiswa Teknik Industri”. Endah Utami selaku penanggung jawab stadium general mengatakan, tujuan diadakan acara ini untuk memberi gambaran mengenai dunia kerja kepada mahasiswa. Selain itu, pemateri berasal dari alumni yang berhasil dalam bidangnya. Tujuannya agar mahasiswa merasa dekat.

“Pada kesempatan ini, kami mengundang Juniriko Putra S.T., lulusan Prodi TI tahun 2005 dan sekarang bekerja di PT Pertamina Persero. Dengan kehadiran Riko, membuktikan bahwa lulusan TI UAD tidak hanya identik dengan pabrik, tetapi bisa masuk ke pekerjaan di bidang apa saja,” terang Endah pada Sabtu, (07/01/2017).

Sementara itu, Riko mengungkapkan bahwa lulusan dari universitas swasta bukan menjadi alasan untuk tidak bisa bekerja di PT Pertamina Persero.

“Di kantor saya, rata-rata mereka lulusan dari universitas yang terkenal. Tetapi karena saya sering membaca literatur bahasa Inggris, saya dengan mereka setara. Tentunya dengan gaji yang sama juga,” ucapnya.

Ia menambahkan, sebenarnya lulusan TI yang bekerja di Pertamina termasuk linier, karena di semester awal juga mempelajari kimia dasar.

“Saya belajar bahasa Inggris setelah lulus S1 sehingga itu menjadi terlambat. Untuk teman-teman yang sekarang sedang menempuh S1, usahakan agar perbanyak membaca literatur Inggris karena itu sangat bermanfaat,” terang Riko yang ditemui selepas mengisi materi.