You are here

PSMPB UAD Adakan Pelatihan Psikososial

Indonesian

Pusat Studi Mitigasi dan Penanggulangan Bencana (PSMPB) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar pelatihan psikososial dasar bagi relawan mahasiswa di aula Islamic Center, kampus 4 UAD Jln. Lingkar Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Sabtu (1-12-2018). Pelatihan ini menghadirkan pemateri Budi Santosa, S.Psi. yang merupakan Ketua Divisi Pengurangan Risiko Bencana dan Kesiapsiagaan (PRBK) Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC).

Dholina Inang Pambudi, M.Pd., Kepala PSMPB UAD mengatakan, kegiatan yang diikuti 50-an peserta ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan dasar tentang prinsip dan tahapan pertolongan pertama psikologi di lokasi terdampak bencana. Kemudian yang penting, relawan UAD memiliki skill dan kapasitas serta siap jika diterjunkan ke lapangan.

Kami berharap relawan UAD menerapkan kemampuan ilmu dan wawasannya soal kebencanaan ketika terjun ke lokasi terdampak bencana. Sebagai relawan diharapkan jangan mengkotak-kotakkan diri, tapi harus bisa membaur dengan warga terdampak bencana. Harus membaur juga dengan relawan lainnya,” jelas Dholina.

Sementara Budi mengatakan, keahlian psikososial untuk memberikan pendampingan kepada anak-anak maupun warga yang terdampak psikologisnya. “Ketika terjadi bencana, anak-anak itu boleh bersedih. Tapi di hari berikutnya anak-anak sudah harus semangat lagi.”

Dampak psikososial bencana alam meliputi fisiologis, perasaan, pikiran, perilaku, dan hubungan sosial. Faktor yang mempengaruhi kerentanan psikologis adalah kepribadian, jenis kelamin dan usia, jenis bencana, tingkat keparahan, pengalaman sebelumnya, ketersediaan jaringan, dan dukungan sosial.

Aktivitas psikososial pada setiap tahapan pascabencana adalah tahap tanggap darurat, tahap pemulihan awal dan akhir, serta fase rekonstruksi. Relawan mesti mengurangi perasaan tidak menyenangkan pada anak, menumbuhkan semangat, dan mengajak anak kembali ke rutinitas. Juga uraikan pula rencana dukungan psikososial dalam pembelajaran.” (ard)