edit.jpg

Rencana Kerja Sama UAD dengan LIPIA

Diterima langsung oleh Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) di ruangannya, Kamis (12/1/2017) perwakilan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA), tawarkan kerja sama pusat studi al-Qur’an.

Prof Dr. Muhammed Safa Shaek Haqqi perwakilan LIPIA dari Mesir berharap dapat menyebarkan ilmu pengetahuan, salah satunya di UAD. “UAD salah satu perguruan tinggi Muhammadiyah yang kami pilih karena ada beberapa jurusan tafsir hadis, bahasa Arab, dan pendidikan agama,” ucapnya.

“Jika UAD bersedia, kami akan membuat pusat studi kebudayaan, pusat studi al-Qur’an, dan pusat studi yang lainnya. Kami akan menghadirkan ulama dan beberapa pakar yang berkaitan dengan kegiatan. Tujuannya untuk mendukung kelancaran dan kemudahan dalam belajar,” lanjut Muhammed Safa.

Ia juga menjamin bahwa akan memberikan pelayanan kepada mahasiswa dan dosen agar terjalin komunikasi di seluruh dunia, yang saat ini sudah terkoneksi dengan jaringan LIPIA. Semua itu gtatis. Pertukaran dosen dan mahasiswa juga akan dilakukan dalam berbagai kegiatan.

“Kami mempunyai ahli dari 70 negara. Jika UAD bersedia dengan MoU ini, kami akan tunduk dengan peraturan yang ada di Indonesia. Kami diutus oleh Allah untuk menyebar kebaikan. Kami ingin memberikan kebaikan kepada semua manusia tanpa memilih-milih,” tambah Muhammed Safa.

Menanggapi hal tersebut, Rektor UAD Dr. Kasiyarno,M.Hum. mengatakan, “Jika MoU berjalan dengan baik, kami akan mendorong mahasiswa dan dosen untuk mengunakan fasilitas yang akan diberikan dari Arab Saudi. Kami juga akan lebih senang jika kerja sama ini berlangsung dengan adanya penelitian atau seminar serta bantuan dosen dari Arab Saudi.”