You are here

Robot Terbang Penabur Pestisida Organik UAD Masih Uji Coba

Indonesian

Sejauh ini, Tim PKM-KC yang terdiri atas 3 mahasiswa Teknik Elektro dan 2 Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta masih menyempurnakan ‘Prototipe Robot Terbang Penabur Pestisida Organik Pembasmi Hama Pertanian’ (Probani).

“Probani sudah jadi, tetapi masih belum sempurna dan dalam tahap uji coba. Akan ada beberapa uji coba lagi untuk memaksimalkan prototipe robot tebang ini,” jelas Ketua Tim Mohammad Iqbalul.

Pada uji coba pertama, tim yang diketuai Iqbalul ini menganalisis penggunaan pestisida anorganik pada lahan persawahan yang telah ditentukan.

“Pada intinya, Probani memang akan menggunakan pestisida organik. Penggunaan pestisida anorganik pada uji coba pertama dilakukan untuk menganalisa sejauh mana efektivitas dan bahaya dari pestisida ini,” papar Nining Anggraeni, koordinator penggunaan pestisida pada Probani.

Ia menambahkan, tim ingin membandingkan dampak penggunaan pestisida organik dan anorganik bagi tanaman dan petani. Selain itu, pada uji coba pertama, tim ‘Probani’ sengaja tidak menggunakan drone. Nantinya, mereka ingin mengetahui sejauh mana efektifitas penyemprotan pestisida dengan cara manual dan dengan menggunakan alat ini.

“Uji coba pertama untuk meminimalisir bahaya pestisida anorganik. Untuk yang kedua, nantinya kami akan membadingkan efektifitas antara pestisida organik dan anorganik, dan efektifitas menggunakan drone atau tidak,” pungkas Nining. (ard/doc)

Rancangan ‘Probani’

Probani Tampak Samping

Keterangan:

  1. Motor brushless berjumlah 4
  2. Controler
  3. Penyebar pestisida
  4. Frame kaki quadcopter

Probani Tampak Atas

    Alat atau robot akan dibuat menggunakan 4 motor brushless dan 4 propeler (baling-baling). Tujuannya agar dapat menambah daya angkat robot, dapat terbang dengan seimbang, serta memudahkan robot untuk bermanuver ke 8 arah tanpa harus memutar badan robot.

Rancangan Sistem Penabur Pestisida

 

Keterangan:

  1. Servo
  2. Tuas
  3. Tabung pestisida
  4. Sprayer/penyemprot

Sistem penabur pestisida akan dibuat menggunakan sebuah tabung sebagai tempat menampung pestisida dan satu servo motor untuk mengatur buka tutup lubang pada tabung. Tujuannya agar pestisida yang dibawa dapat ditaburkan. Servo ini dikendalikan oleh arduino controler yang terhubung dengan robot quadcopter sehingga dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan remote control.