You are here

Robotic UAD Sabet Juara 2 KRSTI KRI 2019

Indonesian

Tim robotic Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil menorehkan prestasi pada Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 yang diselenggarakan Universitas Dian Nuswantoro Semarang. KRI 2019 ini diikuti 64 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia yang berlangsung di Sport Center Graha Padma Semarang, 20−23 Juni 2019.

Pada Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), UAD menurunkan robot Lanange Jagad. Tim beranggotakan Ahmad Imam Bardani (ketua), Ibnu Fajar, Ponco Sukaswoto, dan Afrianan Tri Utami, dengan dosen pembimbing Dr. Abdul Fadlil, M.T. yang juga merupakan Wakil Rektor III (Bidang Kehidupan Kampus, Kemahasiswaan, dan Alumni).

KRI 2019 merupakan ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika dengan mempertandingkan enam divisi perlombaan yang berbeda. Di antaranya Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) beroda. Satu divisi baru yang hanya dipertandingkan pada tingkat nasional yakni Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Dalam ajang ini, UAD menurunkan empat tim, di antaranya FIREX (KRSBI-B), RSCUAD (KRSBI-H), ALJAZARI (KRPAI), dan Lanange Jagad (KRSTI). Dari keempatnya hanya Lanange Jagad yang mampu memperoleh juara.

Ahmad selaku ketua tim mengatakan, bangga bisa mempersembahkan juara II di ajang KRI 2019 untuk UAD. “Ke depan kami akan terus berbenah dan mengembangkan robotic UAD. Harapannya juga akan semakin banyak mahasiswa yang bergabung ke Robotic Development Community (RDC),” terangnya ketika diwawancarai pasca perlombaan.

KRSTI sendiri merupakan kontes yang menampilkan robot humanoid yang dapat menari berdasarkan gerakan seni tari dan budaya bangsa di Indonesia. Robot menari dengan diiringi musik melakukan gerakan wajib sesuai dengan tema “Robot Penari Jaipong Kembang Tanjung”. (doc/ard)