img-20170721-wa0011.jpg

Robotics UAD Finalis Kontes Robot Nasional 2017

Robotic Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengirimkan 3 tim pada ajang Kontes Robot Nasional 2017 yang diselenggarakan di Universitas Pendidikan Bandung (UPI) (6-9/7/2017).

Tiga tim dari tersebut lolos dari regional III yang perlombaannya dilaksanakan di Universitas Gadjah Mada (UGM) (11-13/5/2017). Tim Al-Jazari mengikuti Kontes Robot Pamadam Api Indonesia (KRPAI), Fire-X Kontes Robot Sepakbola Indonesia (KRSBI-Beroda), dan Sagotra Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI).

Di tingkat nasional, Al-Jazari menempati peringkat 12, Salgotra sampai 8 besar, sedangkan Fire-X hanya di babak 16 besar.

Menurut Handril Satriyan, ketua Robotics UAD, kualitas tim dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Ia menyampaikan kendala utama yang dihadapi selama persiapan adalah keterbatasan tempat.

“Untuk persiapan Kontes Robot Nasional 2017, kami sudah mulai prepare beberapa bulan sebelum pelaksanaan kontes regional. Ada 5 tim yang kami kirim ke kontes regional, dan 3 di antaranya lolos ke nasional.”

Dari segi pendanaan, tim Robotics UAD dibiayai dan didukung penuh oleh pihak kampus.

Alhamdulillah, selama ini kampus sangat mendukung kami. Kami harus menjawab kepercayaan dari universitas dengan terus mengembangkan kreativitas dan inovasi agar bisa terus berprestasi,” tukas Handril.

Ia menambahkan, yang terpenting dalam pembuatan sebuah robot bukan dalam hal pendanaan, melainkan kreativitas dan inovasi dengan memanfaatkan komponen yang ada agar robot menjadi sesuatu yang bermanfaat. (ard)