You are here

Tadabur Alam di Gunung Api Purba

Indonesian

 

Kebersamaan, kesabaran, kepekaan, dan kepedulian senantiasa terjalin erat di antara 35 mahasiswa. Mereka tergabung dalam acara Tadabur Alam yang diadakan oleh bidang Seni, Budaya, dan Olahraga (SBO) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Tarbiyah dan Dirasat Islamiyah Universitas Ahmad Dahlan ((IMM TDI UAD).

Bahu membahu IMMawan dan IMMawati terlihat ketika menaiki puncak Gunung Api Purba yang terletak di Nglanggeran, Gunungkidul, DIY. Peserta yang merupakan perwakilan dari beberapa Komisariat IMM di UAD, mulai melakukan pendakian pada Sabtu, (9/4/2016) pukul 19.30 WIB, dan penurunan pada Minggu (10/4/2016) pukul 09.30 WIB.

Tadabur Alam merupakan kegiatan terakhir dari serangkaian acara Gelora IMM TDI yang telah diadakan dalam kurun waktu enam pekan terakhir. Kegiatan ini bertujuan untuk menyegarkan kembali jasmani serta mempererat tali silaturahmi antar PK IMM TDI maupun dengan PK IMM lain. Dengan itu, pikiran dapat segar kembali dan rasa kekeluargaan semakin erat pula.

Selama 12 jam berada di puncak Gunung Api Purba, peserta disuguhi pemandangan indah nan eksotis. Dalam kegiatan api unggun, peserta bermuhasabah dan memberikan pendapat terkait perjalanan selama pendakian.

“Sungguh perjalanan yang tidak terlupakan. Di sini saya diajarkan sikap seorang muslim terhadap muslim yang lain. Kepedulian, kepekaan, tanggung jawab, semuanya saya dapatkan di sini,” tutur Ima Sari, peserta dari Fakultas Psikologi UAD.

Selain kegiatan api unggun, sebelum melakukan penurunan di pagi hari, peserta mengadakan bersih alam. Kegiatan tersebut merupakan pemungutan sampah di area perkemahan, dan sepanjang jalan selama penurunan lereng gunung.

Siska Ananda, mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi UAD berujar, “Banyak sekali pelajaran yang didapat dalam kegiatan Tadabur Alam ini. Gunung Api Purba telah mengajarkan betapa pentingnya kebersamaan. Di sini saya juga disadarkan bahwa betapa elok dan indahnya nikmat yang Allah berikan.” (AKN)