Tips dan Trik Melamar Kerja.jpg

Tips dan Trik Melamar Kerja

How to be a great candidate?”

Pertanyaan inilah yang pertama kali disampaikan oleh Wina, pemateri dari PT Garuda Nusantara Kencana, Jakarta. Seminar yang dilaksanakan Senin, (15/12) di auditorium kampus I UAD Jalan Kapas 09 Semaki, Yogyakarta ini dihadiri oleh alumni dari UAD maupun universitas lain di Yogyakarta. Dalam seminar, diterangkan tentang tata cara, tips, dan trik untuk melamar pekerjaan serta tahap-tahap dalam menulis resume (CV) dan cara wawancara (interview) yang baik dan benar.

Wina mengungkapkan bahwa terdapat 2 faktor utama yang dicari dari seorang pekerja, yakni hard skills yang mencakup kemampuan dan pengetahuan, serta soft skills yang memuat tentang karakter dan kepribadian. Faktor tersebut sangat penting dan pasti dibutuhkan bagi karyawan untuk dapat menjalin kerja sama yang baik dengan perusahaan.

“Satu hal yang harus disadari bahwa bekerja adalah dunia nyata yang notabenya manusia akan menjadi seorang individu yang dapat menentukan siapa dirinya,” terang Wina yang merupakan HRD PT Garuda Nusantara Kencana.

“Ada beberapa kunci untuk menjadi kandidat yang tepat. Pertama, harus memiliki perspektif utama yaitu employers. Kedua, ketahui kepribadian dan karakter pada diri sendiri. Ketiga, melakukan pencarian mengenai informasi pekerjaan dengan melakukan metode-metode yang tepat, seperti mencari informasi dari media cetak, referensi, bursa kerja, dan lain-lain. Keempat, harus dapat menyajikan resume terbaik agar perusahaan dapat tertarik sehingga dapat segera dipanggil untuk kemudian ke tahap berikutnya yakni interview. Kelima, berikanlah show terbaik saat interview karena hal itu penting untuk menarik apresiasi pihak perusahaan,” lanjutnya.

Selain itu, Wina juga mengungkapkan hal-hal yang harus dilakukan ketika menjadi karyawan. Di antaranya fokus, yakni fokus dalam bekerja, dan dapat bertanggung jawab. Tanggung jawab karyawan sangat diperlukan dalam mengatur pekerjaan yang diserahkan sepenuhnya oleh perusahaan. Selain itu, karyawan juga harus menyiapkan mental yang baik dalam menjalin kerja sama dengan atasan maupun rekan kerja yang lain.

Di akhir acara, Wina menambahkan, “Jangan takut untuk mengembangkan diri Anda karena mungkin ada sesuatu yang lebih baik tertanam di dalamnya. Sedangkan yang membuat segala sesuatu menjadi indah dan mudah adalah semangat serta kegigihan Anda sendiri.” (AKN)