img_0867.jpg

TOT Dipersiapkan untuk Tingkatkan Softskill Mahasiswa

TOT atau disebut Training of Trainer bertujuan untuk mempersiapkan calon trainer yang akan diterjunkan dalam pelatihan softskill bagi mahasiswa baru Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Para trainer adalah dosen dari program studi yang ada di UAD. Dosen terpilih harus memiliki potensi dan memang berkomitmen untuk menyumbangkan, atau berkontribusi dalam program peningkatan softskill mahasiswa.

Menurut Dr. Triantoro Safaria, S.Psi.,M.Si.,Ph.D., Kepala Bidang CDC dan Biro Mahasiswa dan Alumni (Bimawa), para dosen akan dibekali tentang cara menjadi trainer yang baik, efektif, dan materi softskill. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah untuk menyamakan persepsi, sekaligus membekali trainer.

“Selain dosen, kami juga memberdayakan mahasiswa sebagai pendamping mahasiswa baru. Rencananya, kegiatan softskill untuk mahasiswa akan berlangsung pada minggu ketiga dan keempat November serta minggu awal Desember 2017,” papar Triantoro ketika ditemui di kantor Bimawa UAD, Jln. Kapas 9, Semaki, Yogyakarta, Selasa, (10/10/2017).

Ia menambahkan, hasil riset studi menunjukkan bahwa hardskill saja tidak dapat menjamin untuk sukses, maka dibutuhkan softskill. Softskill bisa didapatkan dari kegiatan lain seperti di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Ormawa, kepanitian acara, tugas lapangan, dan masih banyak lagi.

“Intinya, mahasiswa harus aktif. Mereka punya kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan keterampilan. Jadi, tidak hanya terbatas pada pelatihan. Saat ini, mahasiswa harus kerja keras dan kerja cerdas,” pungkasnya. (ard)