You are here

UAD PTS Terbaik Indonesia 2018

Indonesian

 

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menjadi perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik Indonesia 2018 dari pemeringkatan Science and Technology Index (Sinta) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Sinta merupakan sistem berbasis web yang dimiliki Kemenristekdikti untuk meranking perguruan tinggi dan nonperguruan tinggi, memetakan kepakaran dosen/peneliti, dan meranking kinerja jurnal nasional serta internasional yang ada di Indonesia.

Pada pemeringkatan Kemenristekdikti, UAD memperoleh skor 11,306 dan melampaui beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) besar di Indonesia. Secara nasional, UAD di peringkat 10 pada pemeringkatan seluruh PTN dan PTS, serta peringkat 11 jika ditambah nonperguruan tinggi.

Menanggapi hal ini, Rektor UAD, Dr. Kasiyarno, M.Hum. mengapresiasi dosen serta pengelola jurnal dan publikasi ilmiah UAD yang telah bekerja keras selama dua tahun belakangan.

“Prestasi ini merupakan kerja keras dan komitmen untuk memajukan UAD. Kami akan terus mendorong peningkatan kualitas UAD dan perguruan tinggi Indonesia agar masuk ke ranking dunia. Kami juga berharap semakin banyak dosen UAD yang memperoleh dana hibah penelitian dan publikasi ilmiah,” tandasnya.

Sementara Kepala Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) UAD, Dr. Tole Sutikno, S.T.,M.T.,Ph.D.,MIET. mengungkapkan, pencapaian ini merupakan yang terbaik sepanjang sejarah.

“Kebijakan UAD berdampak luar biasa bagi publikasi ilmiah dan penelitian dosen. Pencapaian ini tentu juga berdampak secara nasional.”

Dari keterangan Tole Sutikno, saat ini publikasi ilmiah dan penelitian dosen Indonesia sudah dapat bersaing dengan negara-negara ASEAN. Sementara tahun lalu masih tertinggal sangat jauh.

Perlu diketahui, UAD masuk 10 besar perguruan tinggi berdasarkan jumlah sitasi menurut Google Scholar. Sedangkan pada 50 besar dosen/peneliti terbaik di Indonesia, UAD mencatatkan satu nama dosennya pada urutan ke-26, yakni Tole Sutikno. UAD juga mencatatkan Telkomnika Telecommunication Computing Electronics and Control sebagai jurnal terbaik Indonesia 2018 di antara seluruh jurnal yang dikelola PTN/PTS. (ard)