uad_raih_juara_pertama_pcta_2018_3.jpg

UAD Raih Juara Pertama PCTA 2018

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta berhasil menjadi yang terbaik dengan menjadi juara satu lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tahun 2018 tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang diadakan Perwakilan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia DIY pada 18 Juli 2018 di Gedung Biro Umum Setda DIY.

Perlombaan ini diikuti 22 peserta dari perguruan tinggi dan SMA sederajat. Tim UAD berhasil mengungguli tim dari UIN Sunan Kalijaga sebagai juara dua dan UGM yang menempati posisi tiga.

Dr. Dedi Pramono, M.Hum., Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD mengungkapkan, kegiatan tahunan yang digelar Kementerian Pertahanan RI itu sangat bagus untuk memupuk pemahaman dan karakter cinta tanah air generasi muda.

“Dengan pemahaman cinta tanah air, generasi muda dapat terhindar dari bahaya yang dapat merusak kecintaannya kepada negara,” paparnya ketika diwawancarai, Jum’at (20/7/2018), di kampus 1 UAD, Jln. Kapas 9, Semaki, Yogyakarta.

Tim UAD atas nama Akbar Asmar (semester dua) dan Vivi Lutfia (semester empat) dari Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum UAD mempresentasikan esai tentang rehabilitasi berbasis kampus sebagai upaya mewujudkan generasi sadar bahaya penyalahgunaan narkoba dan cinta tanah air. Keduanya didampingi dan dibimbing oleh Gatot Sugiharto, S.H.,M.H.

Sebagai pembimbing Gatot menyampaikan, selain harus menulis esai, untuk mengikuti lomba mahasiswa harus menmiliki keterampilan seperti menyanyi, berpuisi, bermain alat musik, atau menari.

“Tim menyelesaikan esai selama dua hari. Saat lomba, kualitas dan orisinalitas tulisan menjadi nilai penting. Kemudian ada uji oral selama 15 menit oleh juri. Alhamdulillah tim UAD masuk tiga besar,” terangnya.