You are here

UAD Teken MoU dengan BPPB Kemendikbud

Indonesian

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Malam Penghargaan Bahasa dan Sastra Tama Prayojana 2018, Rabu (14/11/2018) di kampus 4 UAD Jln. Lingkar Selatan, Tamanan, Bantul, Yogyakarta. Penghargaan ini diprakarsai oleh Balai Bahasa Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain menjadi tuan rumah, UAD juga meneken memorandum of understanding (MoU) dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPPB) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia. Penandatanganan ini dalam rangka untuk meningkatkan kerja sama bidang kebahasaan UAD dan BPPB Kemendikbud.

Rektor UAD, Dr. Kasiyarno, M.Hum. dalam sambutannya mengungkapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada UAD sebagai tuan rumah acara penghargaan ini. “Kami sangat mengapresiasi adanya penghargaan dari balai bahasa. Selain itu, dengan adanya penghargaan Tama Prayojana akan semakin meningkatkan kualitas bahasa Indonesia.”

Sementara Kepala Balai Bahasa DIY Drs. Pardi, M.Hum. menyampaikan bahasa Indonesia merupakan identitas kebangsaan. “Identitas kebangsaan, bahasa Indonesia harus terus dijaga. Bahasa Indonesia perlu untuk terus dipertahankan dan dikembangkan.”

Pada acara ini, ada beberapa nominasi penghargaan di antaranya tokoh publik akademisi dan birokrasi, lembaga publik perguruan tinggi, rumah sakit, media komunikasi dan informasi instansi, buku berbahasa Jawa, buku sastra serius, dan buku sastra populer. (ard)