You are here

UAD Teken MoU dengan SEAMEO CECCEP

Indonesian

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Center for Early Childhood Care Education and Parenting (CECCEP). SEAMEO merupakan organisasi internasional yang dimaksudkan untuk memajukan kerja sama di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan di wilayah Asia Tenggara.

Perjanjian kerja sama ini akan diimplementasikan di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) UAD melingkupi ranah pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Rektor UAD, Dr. Kasiyarno, M.Hum., menilai kerja sama ini dapat meningkatkan kualitas lulusan PGPAUD menjadi pendidik dan orang tua yang profesional.

Dalam sambutannya, ia mengungkapkan pentingnya kerja sama dengan SEAMEO karena UAD merupakan universitas yang memiliki passion di bidang pendidikan dari usia dini hingga perguruan tinggi.

Parenting education saat ini menjadi kebutuhan yang sangat mendesak. Banyak orang tua modern lebih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja. Sehingga waktu dengan anak-anak lebih sedikit, dan akhirnya menyerahkan tanggung jawab anak kepada lembaga pendidikan maupun pramusiwi,” jelasnya di aula Islamic Center Kampus 4 UAD, Selasa (16/10/2018).

Atas alasan tersebut Kasiyarno berharap ke depan kerja sama dengan SEAMEO dapat melahirkan inovasi-inovasi di bidang pendidikan, terkait anak-anak, dan orang tua. Menurutnya, mendidik anak tidak hanya menjadikannya cerdas dari sisi ilmu pengetahuan. Tetapi, harus memiliki moral dan mental yang baik.

Sementara Dr. Dwi Priyono, M.Ed., Interim Center Director of SEAMEO CECCEP menegaskan peran orang tua sentral untuk perkembangan anak. “SEAMEO CECCEP memiliki komitmen dan kepedulian terhadap anak-anak. Anak-anak tidak dapat terlepas dari orang tua, lingkungan pendidikan, dan sosial. Jadi kita melakukan riset, penelitian, pelatihan, membuat media pembelajaran, dan berbagai lainnya untuk mendukung perkembangan anak menjadi generasi yang berkualitas.”

Salah satu imbas dari kerja sama ini, dosen PGPAUD UAD dapat mengirimkan riset atau penelitian kepada SEAMEO CECCEP untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Media ini akan disebarluaskan ke masyarakat dan bisa menjadi materi pelatihan. Sementara dosen yang terlibat bisa jadi trainer internasional untuk memperkenalkan hasil risetnya ke negara-negara di wilayah ASEAN. (ard)