You are here

UAD Terus Kembangkan Mangrove Baros

Indonesian

“Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Republik Indonesia sangat mendukung keberadaan potensi di kawasan Baros. Potensi ini harus terus digali dan dikembangkan,” jelas Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat Direktorat Riset dan Pengabdian pada Masyarakat Ditjen Penguatan Risbang Kemenristek Dikti, Viktoriana saat melakukan monitoring dan evaluasi di kawasan Mangrove Pantai Baros, Desa Tirtohargo, Kretek, Bantul, Kamis (7/9/2017).

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta sebagai universitas pendamping, terus melakukan pengembangan di kawasan Mangrove Pantai Baros, salah satu upayanya dengan menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mangrove Baros sebagai kawasan eko-eduwisata akan terus dikembangkan agar dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat di sekitarnya. Pemerintah Daerah (Pemda) dan beberapa relasi yang mengelola kawasan mangrove harus memiliki komitmen kuat untuk mendorong kawasan ini sebagai salah satu tempat wisata pendidikan.

Menurut Viktoriana, Kemenristek Dikti sangat mendukung dan akan terus memonitoring pendampingan yang dilakukan UAD.

“Proses pendampingan harus bersinergi dengan Pemerintah Daerah, dan Kemenristek Dikti sangat mendukung kegiatan itu,” ujarnya.

Dalam kunjungan itu, turut dihadiri beberapa Reviewer dari Kemenristek Dikti, Dra. Suparni Setyowati Rahayu, M.Si., Dekan FKIP UAD Dr. Trikinasih Handayani, M.Si., Kepala LPM UAD Drs. Jabrohim, M.M., Kepala Pusat KKN UAD Dr. Rina Ratih Sri Sudaryani, M.Hum., Koordinator KKN PPM di Tirtohargo sekaligus DPL KKN Dedi Wijayanti, M. Hum., pengusung program, Denik Wirawati, M.Pd., serta Kepala Dukuh Baros.

Sementara itu, Suparni menjelaskan setelah melakukan pendampingan dua tahun, hasilnya baru bisa dilihat, terutama pengembangan wisata berbasis pendidikan. Oleh karena itu, tindakan yang bisa diambil selanjutnya adalah dengan melebarkan ruang lingkup, seperti menjalankan Program Pendampingan Desa Mitra (PPDM) serta program kemitraan wilayah (PKW). (ard)