ukm_taekwondo_uad_sasar_kejuaraan_internasional.jpg

UKM Taekwondo UAD Sasar Kejuaraan Internasional

Setelah meraih sukses pada tiga ajang kejuaraan nasional di tahun 2018, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kini menyasar kejuaraan tingkat internasional. “Setelah keberhasilan ini, UKM Taekwondo dipersiapkan untuk mengikuti kejuaraan internasional. Tahap awal, kami membidik ASEAN. Dengan konsekuensi mahasiswa harus berlatih lebih keras,” jelas Dr. Hadi Suyono, S.Psi.,M.Si., Pembina UKM Taekwondo UAD.

Saat ini, UKM tersebut semakin diperhitungkan di kancah kejuaraan antarmahasiswa. Hal ini menyusul prestasi yang diraih dalam kejuaraan Piala Rektor UPN Surabaya, Piala Walikota Yogyakarta, dan Makzom Cup Taekwondo Championship 2018 Jakarta. Bahkan dua mahasiswa UAD berhasil memersembahkan medali emas pada tiga kejuaran tersebut.

Pada kejuaraan terakhir di Makzom Cup Taekwondo Championship 2018 Jakarta, 22−23 Desember 2018, Tim UAD berhasil mempersembahkan 11 medali emas, 2 perak, dan 8 perunggu.

Alhamdulillah, kami berhasil mempersembahkan medali untuk UAD. Di sana kami bertanding dengan kompetitor yang dahsyat dan memiliki pengalaman bertanding seperti Universitas Negeri Jakarta dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tasikmalaya,” kata Hadi.

Selain medali, mahasiswa yang sukses memenangi kejuaraan juga akan mendapatkan piagam penghargaan. Ke depan, piagam penghargaan tersebut dapat digunakan sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Sementara Dr. Abdul Fadlil, M.T. Wakil Rektor III UAD mengatakan, UKM Taekwondo dapat menunjukkan eksistensinya melalui prestasi. “Prestasi ini menjadi magnet untuk menarik mahasiswa baru untuk mengikuti UKM tersebut.”

Fadlil menambahkan, iklim pembinaan perlu dibangun agar anggota baru nyaman mengikuti UKM Taekwondo. Selain itu, sentuhan fisik, spirit, dan motivasi juga diperlukan. Bidang minat bakat selalu dijadikan bagian dari proses mahasiswa. “Prestasi akademik juga perlu dijaga agar mahasiswa tetap bisa membagi waktu sebaik-baiknya. Sehingga mahasiswa memiliki hard skills dan soft skills,” katanya.

UAD memiliki kebijakan agar eksistensi Taekwondo dan UKM lainnya bisa berlanjut. Di antaranya, ada program beasiswa untuk mahasiswa. Karena itu perlu diinformasikan agar ada penerimaan mahasiswa melalui jalur prestasi seni, sains, dan olahraga (SSO).