USANT dan UAD Tunjukkan Cara Belajar Toleransi Beragama

Selasa, (14/2/2017), delapan mahasiswi dari University of Saint Anthony (USANT) Filipina disambut ramah oleh keluarga Prodi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan (UAD). USANT merupakan salah satu perguruan tinggi di Filipina yang telah melaksanakan MoU dengan UAD, wujud kerja sama keduanya adalah pelaksanaan magang mahasiswa USANT di UAD dalam kurun waktu 1 bulan.

Kali ini, delapan mahasiswi USANT mempelajari matematika bersama dosen dan didampingi oleh mahasiswa Pendidikan Matematika. Acara itu berlangsung di tiga tempat. Pada pembukaan dan materi pengantar dilaksanakan di audit D kampus 3 UAD, selanjutnya perkenalan laboratorium komputer, dan ruang display yang dimiliki oleh Prodi Pendidikan Matematika. Acara dibuka dengan perkenalan seluruh hadirin yang ada di ruangan.

Pada saat perkenalan dosen, Mom Nial, Dosen USANT selaku pendamping mahasiswa mengutarakan, “It’s my way of tolerance to this university, and I learned this though unlike the mother lecturers all that are here,”.

Begitulah cara mereka untuk toleransi beragama, salah satunya seperti yang dilakukan Mom Nial dengan menunjukkan gaya hijabnya.

Tidak hanya itu, sambutan kesan kagum diutarakan oleh Afit Iswandaru, M.Pd., selaku Dosen Prodi Pendidikan Matematika, yang menjadi pembicara pada awal sesi acara.

“Kegiatan ini menjadikan salah satu terwujudnya visi UAD, yaitu menjadi perguruan tinggi Muhammadiyah berkelas internasional berbasis pada nilai keislaman. Hal tersebut tampak pada promoting tolerance dalam beragama, dan mereka telah melakukan hal tersebut.”

Sambutan dan kesan juga disampaikan oleh Sekprodi Pendidikan Matematika, Uswatun Khasanah, M.Sc., “Kegiatan ini menjadi ajang pembelajaran dan sangat bermanfaat bagi mahasiswa kami, bahkan untuk prodi kami sendiri. Untuk mencapai sasaran mutu dan implementasi visi misi UAD, salah satu wujudnya dengan kegiatan ini. Ada rasa bangga haru ketika melihat bukti toleransi beragama USANT di UAD. Harapan ke depannya dari kegiatan ini, semoga dapat diadakan join seminar, penelitian, atau adanya pertukaran mahasiswa dan dosen  UAD di USANT.” (AR)