workshop_penulisan_ilmiah_team_ke-2.jpg

Workshop Penulisan Ilmiah TEAM ke-2

Telkomnika Editor and Authors Meeting (TEAM) menyelenggarakan workshop penulisan ilmiah kedua. Acara yang berlangsung di Hotel Grand Dafam Rohan (21-22/3/2018) bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan diskusi tentang paper yang bagus, editing, dan proofreading. Telkomnika sendiri merupakan salah satu jurnal Teknik Elektro Fakultas Teknik Industri (FTI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang sudah terindeks Scopus, memiliki akreditasi A, dan jurnal terbaik Indonesia 2017.

 

Anton Yudhana, M.T.,Ph.D., selaku ketua acara menjelaskan, pengelola Telkomnika ingin memfasilitasi para dosen dan penulis jurnal dengan memberikan workshop kepenulisan ilmiah.

Pertama, kami ingin menyamakan persepsi antara penulis dan editor. Persepsi yang sama ini akan memudahkan sebelum penerbitan tulisan. Kedua, workshop ini juga bertujuan untuk mendukung visi Indonesia menulis 2018,” papar Anton.

 

Sementara Tole Sutikno, M.T.,Ph.D., Kepala Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) mengungkapkan, seiring berjalannya waktu, antusias penulis terhadap jurnal di UAD semakin banyak, utamanya yang terindeks Scopus. Ini tidak terlepas dari pengelolaan yang baik dan dukungan dari berbagai pihak.

“Perlu diketahui, saat ini 3 jurnal UAD sudah terindeks Scopus. Di tahun 2108 ini, Telkomnika juga akan menyelenggarakan konferensi internasional yang rencananya akan dilangsungkan 13-16 November.”

 

Di sisi lain, Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES.,DEA., Koordinator Kopertis V, sangat mengapresiasi UAD sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang sering menyelenggarakan workshop dalam rangka menyamakan persepsi dalam penulisan jurnal.

“Kami mengapresiasi UAD yang turut mendorong perguruan tinggi lain di Indonesia dalam hal pengembangan jurnal. Harapannya, UAD bisa menularkan ilmunya dan dapat menambah jurnal di bidang-bidang lain yang terindeks Scopus,” tandasnya. (ard)