FKIP UAD Adakan Workshop Fakultas

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan).

Bertolak dari sejarah kependidikan, keberlangsungan pendidikan di Indonesia saban hari semakin meningkat. Hingga saat ini, untuk membenahi proses pembelajaran, prosedur kependidikan yang diterapkan di lembaga-lembaga pendidikan mengalami banyak perbaikan secara signifikan. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kualitas berpendidikan yang ada dan berkembang.

Sebagai salah satu usaha untuk merealisasikan kesejahteraan dalam berpendidikan, Selasa (07/02/2012), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta melaksanakan Workshop Fakultas. Kegiatan yang diikuti oleh semua Kaprodi (ketua program studi) dan beberapa jajaran kaprodi yang ada di FKIP UAD ini dilaksanakan di gedung seminar lantai 3, UAD kampus II, Jl. Pramuka, Umbulharjo, Yogyakarta.

“Ini adalah agenda fakultas yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja kami selama ini. Selain itu, ini adalah usaha untuk meningkatkan pengembangan kurikulum fakultas, terkait silabus materi kuliah dan peningkatan pembelajaran.” ujar Drs. Ishafit, M.Si. selaku Dekan FKIP.

Beliau menambahkan, dalam proses pembelajaran, sangat perlunya standarisasi pelaksanaan, baik untuk peserta didik maupun tenaga pendidik.

“Standarisasi pembelajaran harus ditentukan guna mencapai keberhasilan proses berpendidikan. Hal ini terkait banyak hal, seperti kualitas dan klasifikasi dosen, kompetisi akademik, keprofesionalismean dosen dalam menciptakan obejektivitas pengevaluasian dan penilaian akhir, dan hal-hal apapun yang berkaitan dengan keberhasilan pembelajaran. Kami berharap, workshop ini dapat membantu kami dalam merealisasikan harapan FKIP UAD secara keseluruhan. (IHS)

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan).

Bertolak dari sejarah kependidikan, keberlangsungan pendidikan di Indonesia saban hari semakin meningkat. Hingga saat ini, untuk membenahi proses pembelajaran, prosedur kependidikan yang diterapkan di lembaga-lembaga pendidikan mengalami banyak perbaikan secara signifikan. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kualitas berpendidikan yang ada dan berkembang.

Sebagai salah satu usaha untuk merealisasikan kesejahteraan dalam berpendidikan, Selasa (07/02/2012), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta melaksanakan Workshop Fakultas. Kegiatan yang diikuti oleh semua Kaprodi (ketua program studi) dan beberapa jajaran kaprodi yang ada di FKIP UAD ini dilaksanakan di gedung seminar lantai 3, UAD kampus II, Jl. Pramuka, Umbulharjo, Yogyakarta.

“Ini adalah agenda fakultas yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja kami selama ini. Selain itu, ini adalah usaha untuk meningkatkan pengembangan kurikulum fakultas, terkait silabus materi kuliah dan peningkatan pembelajaran.” ujar Drs. Ishafit, M.Si. selaku Dekan FKIP.

Beliau menambahkan, dalam proses pembelajaran, sangat perlunya standarisasi pelaksanaan, baik untuk peserta didik maupun tenaga pendidik.

“Standarisasi pembelajaran harus ditentukan guna mencapai keberhasilan proses berpendidikan. Hal ini terkait banyak hal, seperti kualitas dan klasifikasi dosen, kompetisi akademik, keprofesionalismean dosen dalam menciptakan obejektivitas pengevaluasian dan penilaian akhir, dan hal-hal apapun yang berkaitan dengan keberhasilan pembelajaran. Kami berharap, workshop ini dapat membantu kami dalam merealisasikan harapan FKIP UAD secara keseluruhan. (IHS)