geMasTIK 2010

geMasTIK atau Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun 2010, merupakan program Direktorat Penilitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) DIKTI, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia.

geMasTIK adalah pergelaran berbagai kegiatan mahasiswa tingkat sarjana dan diploma dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia dalam bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Pemilik kegiatan adalah :

1. Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

2. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

3. Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia

Perguruan Tinggi Penyelenggaran Kegiatan geMasTIK 2010 adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya.

Adapun latar belakang yang mendasari perlunya diselenggarakan suatu wadah kompetisi dalam bidang TIK, khususnya bagi kalangan mahasiswa Indonesia di tingkat nasional, yaitu:

• TIK di kalangan mahasiswa sangat pesat perkembangannya

• Belum ada wadah yang cukup kompetitif dan terpadu semacam PIMNAS

• Adanya gap yang cukup lebar mengenai ketersediaan dan kesiapan SDM bangsa Indonesia di bidang SDM TIK

• TIK memiliki potensi sebagai enabler di semua segi kehidupan dan berdampak luas bagi masyarakat

• Sebagai bagian kompetisi berjenjang menuju kompetisi TIK berskala internasional

• Merupakan wadah yang bisa merangkul kegiatan/event sejenis yang diselenggarakan oleh banyak pihak.

geMasTIK secara umum bertujuan menjembatani hasil riset dan informasi mengenai perkembangan TIK antara pihak akademisi, industri dan pemerintah, yaitu khususnya :

• Meningkatkan hubungan/interaksi di lingkungan dunia akademisi juga dunia akademisi dengan industri dalam pengembangan TIK

• Mendorong peningkatan kegiatan riset TIK di kalangan mahasiswa perguruan tinggi dan menerapkan TIK di lingkungan masyarakat Indonesia

• Meningkatkan kreativitas dan kepekaan mahasiswa dalam pengembangan TIK

• Penyebarluasan informasi dan penguasaan TIK di lingkungan PT ke segenap kalangan masyarakat Indonesia

• Ikut meningkatkan jumlah HAKI di Indonesia

• Membudayakan iklim kompetitif di lingkungan Perguruan Tinggi

• Mendorong interaksi antara PT dengan memanfaatkan teknologi TIK

• Mengetahui kebutuhan dan kompetensi Sumber Daya Manusia dalam bidang TIK serta trend teknologi ke depan

Manfaat yang diharapkan dari penyelenggaraan geMasTIK ini adalah sebagai berikut :

• Dihasilkannya karya inovatif ilmiah mahasiswa bidang TIK yang dapat diterapkan langsung untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat

• Didapatkannya temuan-temuan baru dalam bidang TIK yang diteliti oleh kalangan mahasiswa sebagai hasil penalaran dan keilmuan, baik yang diperoleh secara
terstruktur melalui pendekatan kuliah formal maupun secara otodidak

• Dihasilkannya karya tulis sebagai sumbangan dan masukan baik kepada kalangan kampus sendiri maupun masyarakat umum di luar kampus

• Tersebarkannya informasi dan perkembangan TIK di Indonesia pada khususnya dan di seluruh dunia pada umumnya

• Meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia akan manfaat penggunaan TIK

• Terbangunnya komunikasi yang baik antar ahli di sub bidang TIK sehingga terjadi saling menghargai pada sub bidang yang lain

• Meningkatkan peran serta dunia usaha, industri, dan masyarakat luas dalam peningkatan kualitas dan produktivitas karya ilmiah ekstra kurikuler mahasiswa

Lomba bidang TIK merupakan ajang kompetisi bagi peserta yang terdiri dari 9 kategori, yaitu:

• Lomba Piranti Cerdas ( Pengembangan perangkat di bidang Acoustic & Signal Processing, Automation, Antenna).

• Lomba Aplikasi (Pengembangan aplikasi Decision Support System, E-Learning, Geographic Information System, Management Information System, Mobile Apllication)

• Lomba Pemrograman (Programming Contest)

• Lomba Penggalian Data (Pengembangan konsep dan aplikasi Data Mining)

• Lomba Keamanan Jaringan (Kompetisi keamanan jaringan)

• Lomba Permainan Bisnis (Kompetisi simulasi bisnis dan presentasi)

• Lomba Pengembangan Permainan (Pengembangan aplikasi Game Technology)

• Lomba Karya Tulis Bidang TIK (Penulisan paper di Bidang TIK dan diskusi dalam bahasa Inggris)

• Lomba Desain Web

Adapun kegiatan pendukung yang akan dilaksanakan dalam acara geMasTIK 2010 antara lain :

• Pameran : produk TIK dan hasil karya mahasiswa

• Seminar TIK untuk umum

• Sarasehan wakil rektor bidang kemahasiswaan

• Pentas Budaya dan Kesenian

• Tur Kota

Pendaftaran dilaksanakan tanggal 1 April – 30 Juli 2010. Tahapan kegiatan adalah : Pendaftaran, Warming Up / Forum Diskusi, Pengiriman Proposal / Makalah, Penyisihan, Pengumuman Penyisihan, Pengiriman Prototype, Penjurian Awal / Penyisihan, Pengumuman Finalis, Penyempurnaan Karya, Batas Pengiriman Karya / Makalah, Konfirmasi Hadir di Final, Technical Meeting, Pemanasan Final, Penjurian Akhir / Final. Informasi selengkapnya dapat diakses di http://www.gemastik.com.

 

 

geMasTIK atau Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun 2010, merupakan program Direktorat Penilitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) DIKTI, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia.

geMasTIK adalah pergelaran berbagai kegiatan mahasiswa tingkat sarjana dan diploma dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia dalam bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Pemilik kegiatan adalah :

1. Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

2. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

3. Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia

Perguruan Tinggi Penyelenggaran Kegiatan geMasTIK 2010 adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya.

Adapun latar belakang yang mendasari perlunya diselenggarakan suatu wadah kompetisi dalam bidang TIK, khususnya bagi kalangan mahasiswa Indonesia di tingkat nasional, yaitu:

• TIK di kalangan mahasiswa sangat pesat perkembangannya

• Belum ada wadah yang cukup kompetitif dan terpadu semacam PIMNAS

• Adanya gap yang cukup lebar mengenai ketersediaan dan kesiapan SDM bangsa Indonesia di bidang SDM TIK

• TIK memiliki potensi sebagai enabler di semua segi kehidupan dan berdampak luas bagi masyarakat

• Sebagai bagian kompetisi berjenjang menuju kompetisi TIK berskala internasional

• Merupakan wadah yang bisa merangkul kegiatan/event sejenis yang diselenggarakan oleh banyak pihak.

geMasTIK secara umum bertujuan menjembatani hasil riset dan informasi mengenai perkembangan TIK antara pihak akademisi, industri dan pemerintah, yaitu khususnya :

• Meningkatkan hubungan/interaksi di lingkungan dunia akademisi juga dunia akademisi dengan industri dalam pengembangan TIK

• Mendorong peningkatan kegiatan riset TIK di kalangan mahasiswa perguruan tinggi dan menerapkan TIK di lingkungan masyarakat Indonesia

• Meningkatkan kreativitas dan kepekaan mahasiswa dalam pengembangan TIK

• Penyebarluasan informasi dan penguasaan TIK di lingkungan PT ke segenap kalangan masyarakat Indonesia

• Ikut meningkatkan jumlah HAKI di Indonesia

• Membudayakan iklim kompetitif di lingkungan Perguruan Tinggi

• Mendorong interaksi antara PT dengan memanfaatkan teknologi TIK

• Mengetahui kebutuhan dan kompetensi Sumber Daya Manusia dalam bidang TIK serta trend teknologi ke depan

Manfaat yang diharapkan dari penyelenggaraan geMasTIK ini adalah sebagai berikut :

• Dihasilkannya karya inovatif ilmiah mahasiswa bidang TIK yang dapat diterapkan langsung untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat

• Didapatkannya temuan-temuan baru dalam bidang TIK yang diteliti oleh kalangan mahasiswa sebagai hasil penalaran dan keilmuan, baik yang diperoleh secara
terstruktur melalui pendekatan kuliah formal maupun secara otodidak

• Dihasilkannya karya tulis sebagai sumbangan dan masukan baik kepada kalangan kampus sendiri maupun masyarakat umum di luar kampus

• Tersebarkannya informasi dan perkembangan TIK di Indonesia pada khususnya dan di seluruh dunia pada umumnya

• Meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia akan manfaat penggunaan TIK

• Terbangunnya komunikasi yang baik antar ahli di sub bidang TIK sehingga terjadi saling menghargai pada sub bidang yang lain

• Meningkatkan peran serta dunia usaha, industri, dan masyarakat luas dalam peningkatan kualitas dan produktivitas karya ilmiah ekstra kurikuler mahasiswa

Lomba bidang TIK merupakan ajang kompetisi bagi peserta yang terdiri dari 9 kategori, yaitu:

• Lomba Piranti Cerdas ( Pengembangan perangkat di bidang Acoustic & Signal Processing, Automation, Antenna).

• Lomba Aplikasi (Pengembangan aplikasi Decision Support System, E-Learning, Geographic Information System, Management Information System, Mobile Apllication)

• Lomba Pemrograman (Programming Contest)

• Lomba Penggalian Data (Pengembangan konsep dan aplikasi Data Mining)

• Lomba Keamanan Jaringan (Kompetisi keamanan jaringan)

• Lomba Permainan Bisnis (Kompetisi simulasi bisnis dan presentasi)

• Lomba Pengembangan Permainan (Pengembangan aplikasi Game Technology)

• Lomba Karya Tulis Bidang TIK (Penulisan paper di Bidang TIK dan diskusi dalam bahasa Inggris)

• Lomba Desain Web

Adapun kegiatan pendukung yang akan dilaksanakan dalam acara geMasTIK 2010 antara lain :

• Pameran : produk TIK dan hasil karya mahasiswa

• Seminar TIK untuk umum

• Sarasehan wakil rektor bidang kemahasiswaan

• Pentas Budaya dan Kesenian

• Tur Kota

Pendaftaran dilaksanakan tanggal 1 April – 30 Juli 2010. Tahapan kegiatan adalah : Pendaftaran, Warming Up / Forum Diskusi, Pengiriman Proposal / Makalah, Penyisihan, Pengumuman Penyisihan, Pengiriman Prototype, Penjurian Awal / Penyisihan, Pengumuman Finalis, Penyempurnaan Karya, Batas Pengiriman Karya / Makalah, Konfirmasi Hadir di Final, Technical Meeting, Pemanasan Final, Penjurian Akhir / Final. Informasi selengkapnya dapat diakses di http://www.gemastik.com.