You are here

Pendidikan Guru PAUD

Indonesian

Deskripsi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mencatat ada 252.000 orang guru PAUD di Indonesia. Dari jumlah tersebut, hanya 15,7 persen yang sudah berkualifikasi S-1. Sementara 24 persen lainnya merupakan tamatan D-2 dan D-3. Sisanya 60,6 persen memiliki kualifikasi pendidikan kurang dari D-2. Artinya, layanan PAUD saat ini ditangani oleh pendidik yang belum sesuai dengan kualifikasi (S-1 PG PAUD) dan berkompetensi. Menjelang 2015, merujuk data Kemdikbud, Indonesia masih membutuhkan 757.000 guru PAUD.  Atas dasar hal itu, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) didirikan 5 Agustus 2011.  Lulusan menyandang gelar Sarjana Pendidikan Anak Usia Dini (S.Pd.AUD).

Visi

Menjadi program studi yang menghasilkan pendidik AUD yang islami, berjiwa enterpreneur berorientasi global

Misi

  1. Melaksanakan proses pembelajaran berdasarkan pada nilai keislaman
  2. Memberikan pelayanan kebakaran di bidang PAUD yang kreatif dan inovatif sesuai dengan kebutuhan masyarakat
  3. Melakukan kajian sesuai perkembangan keilmuan yang berorientasi global

Tujuan

  1. Menghasilkan pendidik profesional yang islami di bidang PAUD
  2. Menghasilkan pendidik AUD yang mampu memberikan layanan kebakaran kepada masyarakat
  3. Menghasilkan SDM yang mampu melakukan Kajian untuk menunjang pengembangan keilmuan
  4. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemandirian dalam mengembangkan keilmuan dan keahliannya bagi masyarakat

Akreditasi

Terakreditasi B (2037/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2016)

Kompetensi Lulusan

1.    Kompetensi Utama

Lulusan dapat memahami karakteristik dan profil perkembangan peserta didik anak usia dini, serta mampu merancang, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan melakukan tindak lanjut kegiatan pembelajaran di PAUD.

2.    Kompetensi Penunjang

Lulusan dapat memahami nilai keislaman yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari, mampu mengimplementasikan kehidupan ber-Muhammadiyah, serta mampu membaca Al Quran dengan fasih.

3.    Kompetensi Khusus

Lulusan dapat memiliki jiwa kewirausahaan, mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menyelenggarakan proses pembelajaran, dan memiliki wawasan global, baik dalam pengetahuan maupun komunikasi.

Pengajar

Terdiri atas 1 (satu) guru besar, 1 (satu) doktor, dan 7 (tujuh) magister lulusan dari dalam dan luar negeri, seperti UGM, UNY, UIN Sunan Kalijaga, UPI, dan Universitas Sains Malaysia, serta memiliki sejumlah bidang keahlian, seperti psikologi perkembangan, bimbingan dan konseling, dan pendidikan anak usia dini.

Fasilitas Penunjang

Perkuliahan ditunjang oleh sejumlah fasilitas, di antaranya, ruang kuliah ber-LCD dan berfasilitas audio visual, perpustakaan, masjid, koperasi, kantin, ruang parkir, lapangan olahraga, dan area ber-WiFi, selain juga laboratorium PG PAUD yang meliputi 4 (empat) kegiatan: (1) praktik dan magang PAUD, (2) layanan masyarakat mencakup konseling dan pendampingan bidang PAUD, (3) laboratorium pengembangan produksi bagi dosen dan mahasiswa bidang PAUD, dan (4) pengembangan pendidik melalui peningkatan kompetensi di bidang PAUD.

Prestasi Mahasiswa

Beberapa prestasi unggulan yaitu  :

  1. Juara 3 Lomba APE Mahasiswa dalam Seminar Nasional PG PAUD-PGSD UAD pada 25 Juni 2012, a.n. Nurfika Puspita Dewi dan Tities Anjar Prastyani.
  2. Juara 1 dan 3 Lomba Mading Antar-Prodi dalam Milad PGSD-PG PAUD pada 20-22 Desember 2012 a.n. Esti Khoiriyah dan Beta Wahyu.
  3. Juara 1 Lomba Menghias Bekal Makanan Anak dalam Peringatan Hari Kartini pada 21 April 2013, a.n. Dika Santika.
  4. Juara 3 Lomba Media Pembelajaran Alat Peraga Edukatif dalam rangka FKIP Fair pada 28 Mei 2013, a.n. Tities Anjar Prastyani.

Web Pendidikan Guru PAUD : http://pgpaud.uad.ac.id