You are here

Profil Seluruh Fakultas Universitas Ahmad Dahlan

Indonesian

Fakultas Psikologi

Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan menyediakan pendidikan kompetitif terbaik bagi para mahasiswanya agar menjadi cendekiawan profesional berdedikasi tinggi berlandasakan moral dan etika keIslaman.

Untuk meraih tujuan tersebut, Fakultas Psikologi didukung oleh sumber daya insani yang professional, kreatif, dan inovatif. Struktur kurikulum yang senantiasa dikembangkan agar mampu menjawab kebutuhan zaman, dan tentunya penelitian yang terus didorong untuk menemukan berbagai solusi terbaik untuk menjawab kegelisahan masyarakat, dengan harapan terbentuknya masyarakat berperadaban yang diridhoi Allah SWT.

Web Fakultas Psikologi : http://fpsikologi.uad.ac.id

Fakultas Tarbiyah dan Dirasat Islamiyah

Dengan berbagai sumber daya yang dimilikinya, Fakultas Tarbiyah dan Dirasat Islamiyah Universitas Ahmad Dahlan siap menjadi fakultas yang mampu mengembangkan Pendidikan Agama Islam dan Ilmu Agama Islam yang dijiwai nilai-nilai kemuhammadiyahan dalam skala internasional. Itu semua dilakukan tidak bukan untuk membentuk para civitas akademik yang berakhlak mulia, berkompetensi serta kreatif dan adaptif terhadap perkembangan zaman.

Tujuan tersebut optimis untuk diraih dengan memaksimalkan penelitian, pengabdian dan berbagai bentuk kerjasama di bidang ilmu Agama Islam yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pengabdian masyarakat untuk menggapai tujuan Muhammadiyah.

Web Fakultas Tarbiyah dan Dirasat Islamiyah : http://ftdi.uad.ac.id

Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan memiliki tujuan untuk menjadi fakultas yang unggul dalam bidang ekonomi, bisnis, entrepreneurship dan berdaya saing global. Hal tersebut senantiasa berlandaskan pada nilai-nilai keislaman, sehingga sumber daya yang lahir dari mampu memberikan konstribusi positif bagi masyarakat.

Untuk meraih tujuan tersebut dikembangkan sistem pendidikan holistik supaya pelaksanaan transfer ilmu dan pengetahuan antar generasi mampu berjalan secara efektif, serta melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan dan pendalaman bidang ekonomi, bisnis, dan entrepreneurship. Disamping itu, kerjasama dengan berbagai pihak menuju Fakultas Ekonomi yang berwawasan global juga terus ditingkatkan.

Web Fakultas Ekonomi http://fe.uad.ac.id

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sebagai fakultas tertua di UAD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) selalu meningkatkan kualitas dan pelayanan untuk menjadi lembaga pendidikan yang unggul, profesional dan kompetitif dalam menghasilkan lulusan tenaga pendidikan dan keguruan yang memiliki standar kompetensi sebagai pendidik yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral Islami. Untuk mewujudkan perjuangan tersebut maka FKIP UAD senantiasa meningkatkan profesionalisme tenaga akademik sesuai dengan spesialisasi disiplin ilmu yang dimiliki, serta meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara berkelanjutan dalam rangka meningkatkan bobot akademik tenaga akademik dan mendukung peningkatan kualitas kompetensi lulusan dibidang pendidikan.

Web Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan : http://fkip.uad.ac.id

Fakultas Hukum

Sebagai pusat pembelajaran dan pendidikan hukum di sebuah kampus Muhammadiyah, Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan memiliki tujuan untuk membentuk masyarakat yang sadar hukum dan berkeadilan, dalam upaya mendorong terwujudnya Negara Indonesia yang adil dan sejahtera.

Guna mewujudkan tujuan tersebut senantiasa dilakukan pengkajian hukum terkini, pengabdian yang ditekankan terbentuknya kesadaran hukum oleh masyarakat, serta menjadi laboraturium dan pusat studi praktek hukum bagi civitas kampus.

Web Fakultas Hukum : http://law.uad.ac.id

Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi

Sebagai fakultas yang mengkaji berbagai kearifan dan budaya lokal, Fakultas Sastra Budaya dan Komunikasi (FSBK) Universitas Ahmad Dahlan mampu menjadikan para cendekiawan bersaing secara global dalam bidang bidang ilmu sastra, budaya, dan komunikasi berdasarkan nilai-nilai keislaman.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut FSBK UAD senantiasa menjaga kualitas pendidikan dan penyelenggaraan penelitian dalam bidang ilmu sastra, budaya, dan komunikasi yang mendorong kemajuan pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bermanfaat untuk kepentingan bangsa dan umat manusia bersumber pada penghayatan dan pengamalan Agama Islam.

Web Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi : http://fsbk.uad.ac.id

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Sebagai salah satu punggawa pengembangan teknologi di dunia pendidikan tinggi tanah air, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) bertujuan menjadi menjadi fakultas yang mampu menopang kemajuan teknologi  dilandasi moral dan etika Islam.

Oleh karena itu dalam kegiatan pembelajarannya sehari-hari FMIPA UAD senantiasa menghidupkan suasana akademik yang berkualitas dan Islami, ditambah dengan meningkatkan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat hingga meningkatkan kerjasama baik dengan pemerintah maupun dengan lembaga swasta dalam bidang MIPA, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang profesional dan kompetitif sesuai dengan bidang keilmuannya.

Web Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam : http://fmipa.uad.ac.id

Fakultas Farmasi

Fakultas Farmasi UAD senantiasa meningkatkan kualitas pendidikannya untuk  menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten sehingga mampu memberikan jawaban terhadap berbagai masalah dan kegelisahan yang berkaitan dalam bidang pengetahuan obat-obatan dan ramuan kesehatan lainnya. Untuk mewujudkan hal itu Fakultas Farmasi UAD pun selalu meningkatkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat agar pada akhirnya mampu memberikan efek yang positif baik secara langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat.

Web Fakultas Farmasi : http://ffarmasi.uad.ac.id

Fakultas Teknologi Industri

Fakultas Teknologi Industri (FTI) UAD memiliki tujuan menjadi fakultas yang unggul yang diakui secara internasional dalam bidang teknologi berbasis nilai-nilai Islam dan menghasilkan lulusan yang berjiwa entrepreneurship serta berkualitas secara nasional dan internasional.

Guna meningkatkan tujuan tersebut FTI UAD senantiasa meningkatkan kegiatan penelitian bagi dosen dan mahasiswa demi terciptaya iklim penelitian yang baik sehingga menghasilkan publikasi ilmiah yang berskala nasional dan internasional, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama dengan pemerintah dan swasta secara nasional dan internasional dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Web Fakultas Teknologi Industri : http://fti.uad.ac.id

Fakultas Kesehatan Masyarakat

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UAD memiliki tujuan untuk menjadi Fakultas Kesehatan Masyarakat yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan masyarakat, yang mampu memberikan sumbangan optimal dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa dengan semangat profesionalisme, dedikasi dan pelayanan yang dilandasi moral dan etika keislaman.

Disamping itu FKM UAD pun turut berupaya untuk melahirkan para ahli kesehatan masyarakat yang mampu mengambil peranan besar dalam kehidupan masyarakat terutama yang mengetahui dan memahami tentang aspek-aspek kesehatan masyarakat di samping menghasilkan ahli ahli kesehatan masyarakat terapan. Serta mengembangkan pengetahuan dan aplikasi kesehatan masyarakat melalui penelitian dan mengamalkan serta menyebarluaskan pengetahuan dan manfaat kesehatan masyarakat kepada masyarakat luas.

Web Fakultas Kesehatan Masyarakat : http://fkm.uad.ac.id

Program Pascasarjana

Program Pascasarjana UAD senantiasa berbenah untuk menjadi Program Pascasarjana terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat, untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kapasitas intelektual, keahlian praktis, dan kepribadian yang mencerminkan integritas moral dan intelektual yang hakiki.  Pascasarjana UAD senantiasa berupaya untuk menjadi yang terdepan untuk menemukan konsep-konsep baru dalam bidang ilmu dan profesi yang ditekuni melalui proses pendidikan dan kegiatan akademik yang terorganisir, serta penelitian mandiri untuk melahirkan tradisi ilmiah berderajat tinggi dan bermanfaat bagi perubahan dan kemajuan masyarakat.

Web Program Pascasarjana : http://pascasarjana.uad.ac.id