You are here

Program Studi Akuntansi

Indonesian

Pengantar

Kebutuhan tenaga akuntan semakin tinggi seiring dengan meningkatnya sektor bisnis. Lulusan yang berkualitas semakin dibutuhkan untuk memenangkan kompetisi dimasa mendatang. Program Studi Akuntansi merupakan salah satu program studi yang berupaya menjawab kebutuhan dan perkembangan zaman tersebut. Hal ini tercermin dengan dikembangkannya kurikulum akuntansi berbasis kompetensi yang menekankan pada akuntansi sektor publik, akuntansi keuangan, dan akuntansi syariah.  Program studi Akuntansi resmi dibuka pada tahun 1999.   Lulusan bergelar Sarjana Ekonomi (SE).

Visi

Pada tahun 2020 Program Studi Akuntansi UAD menjadi prodi yang unggul dalam bidang akuntansi berwawasan global dan berbasis nilai ke-Islaman.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berbasis pada kompetensi.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi dalam bidang akuntansi.
  3. Melaksanakan penelitian dan pengabdian sebagai wujud dari pengimplementasian ilmu akuntansi.
  4. Mengembangkan atmosfer akademik yang mendukung proses pembelajaran.
  5. Menjalin kerjasama untuk meningkatkan daya saing prodi.
  6. Meningkatkan pemahaman keislaman sebagai landasan pengembangan ilmu dan kehidupan akademika.
  7. Optimalisasi layanan kepada stakeholder.

Akreditasi

Terakreditasi B (003/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2016)

Prospek Lulusan

Prospek kerja bagi lulusan akuntansi terbuka luas baik di perusahaan swasta, BUMN/BUMD, kantor akuntan publik (sebagai auditor independen, konsultan keuangan dan manajemen, konsultan perpajakan, desainer sistem informasi), akuntan intern (BUMN/ BUMD, perusahaan multinasional), akuntan pemerintah (auditor pemerintah), dosen, wirausaha, instansi pemerintahan dan lainnya.

Kompetensi

Kompetensi lulusan terdiri dari kompetensi utama, penunjang, dan khusus.

Kompetensi utama

  1. Kognitif (Knowledge)

Kemampuan memahami dan menerapkan wawasan tentang akuntansi keuangan, sistem pengendalian manajemen, pemeriksaan akuntansi, akuntansi sektor publik, perpajakan, akuntansi syariah, serta entrepreneurship untuk menganalisis dan memecahkan permasalahan di dunia bisnis maupun nonbisnis serta mengomunikasikannya secara baik dan benar.

  1. Psikomotorik (Skills)

Mampu membaca, menyusun, menganalisis, dan menginterpretasi laporan keuangan baik untuk lembaga bisnis maupun nonbisnis untuk pengambilan keputusan; mampu membuat laporan harga pokok produksi dan menganalisis biaya; mampu mendesain struktur pengendalian dan melaksanakan proses pengendalian manajemen; mampu melakukan penghitungan dan pelaporan pajak baik untuk pribadi maupun institusi; dan mampu menyusun rencana dan melakukan kegiatan wirausaha.

  1. Afektif (Attitude)

Memililiki watak dan kepribadian sebagai insan akademik dan sosial yang beretika dan menjunjung nilai-nilai Islami serta mampu menghadapi tantangan di masa depan dalam lingkungan global yang dinamis.

Kompetensi penunjang

Memiliki keterampilan berkomunikasi secara lisan dan tulisan menggunakan bahasa nasional dan atau internasional dengan baik dan benar, memiliki keterampilan dalam memperoleh dan memanfaatkan informasi baik primer maupun sekunder, memiliki keterampilan mengolah dan mempresentasikan data termasuk dalam menggunakan multimedia yang berbasis teknologi informasi, dan memiliki kemampuan untuk melakukan proses akuntansi dengan menggunakan bantuan teknologi informasi.

Kompetensi Khusus

Lulusan memiliki pemahaman tentang dasar-dasar pemrogaman database dan html.

Pengajar

Memiliki 12 dosen magister/master lulusan dari dalam dan luar negeri. Dua diantaranya saat ini sedang menempuh studi S3. Dosen pada program studi ini memiliki sejumlah bidang keahlian di bidang perpajakan, akuntansi keuangan, akuntansi sektor publik, akuntansi manajemen, akuntansi syariah, sistem informasi, auditing, akuntansi perilaku, dan kewirausahaan.

Fasilitas Pendukung

Perkuliahan ditunjang oleh sejumlah fasilitas seperti ruang kuliah  dengan LCD dan fasilitas audio visual, perpustakaan, masjid, koperasi, kantin, ruang parkir, lapangan olahraga, poliklinik, apotek, pesantren mahasiswa, dan area wi fi. Selain itu, juga tersedia laboratorium serta pojok bursa.  Laboratorium sebagai tempat mahasiswa untuk praktek pengolahan data, dilengkapi 40 unit komputer, AC, dan LCD.  Di pojok bursa, mahasiswa dapat melakukan transaksi di pasar modal, serta mendapatkan data-data keuangan untuk penelitian.

Prestasi Mahasiswa

Prestasi dan kegiatan mahasiswa prodi Akuntansi tidak hanya di lingkup nasional maupun regional, tetapi juga bertaraf internasional, diantaranya:

  1. Program dual degree di Guang Xi University (Cina) atas nama Pradhika Nurul Huda, B.Econ (2014).
  2. The Best Paper ASAC 2013 (Accounting Week, diselenggarakan oleh UAJY) atas nama Rizqa Awalia Rahman pada 20-23 Maret 2013.

 

Web Program Studi Akuntansi : http://akuntansi.uad.ac.id