You are here

Program Studi Bahasa dan Sastra Arab

Indonesian

Pengantar

Program Studi Bahasa dan Sastra Arab menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi pada pengembangan serta penelitian kebahasaan dan kesusatraan Arab, menyiapkan lulusan untuk kebutuhan akan tenaga ahli khususnya di bidang linguistik, sastra dan penerjemahan.  Lulusan berhak menyandang gelar S.S (Sarjana Sastra).

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul dalam kajian linguistik bidang Islamic Studies berkelas Internasional dan berbasis pada nilai-nilai Kemuhammadiyahan. Visi akan dicapai pada tahun 2020

Misi

  1. Menyelenggarakan program-program akademik di lingkungan PS Bahasa dan Sastra Arab yang berkualitas.
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian bagi dosen dan mahasiswa, serta mendorong terciptanya iklim penelitian yang baik, sehingga terselenggaranya penelitian yang berkualitas.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan dan pengabdian pada masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama dengan pemerintah maupun swasta di tingkat nasional maupun internasional dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Tujuan

  1. Mampu mengembangkan kompetensi SDM profesional di bidang linguistik dan sastra arab
  2. Menghasilkan penelitian yang menunjang pengembangan pendidikan dan pengajaran di bidang linguistik dan sastra arab.
  3. Memberikan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan semua sumber daya yang relevan.
  4. Memberikan layanan kepakaran kepada masyarakat dalam pengembangan di bidang keilmuan bahasa arab dan hal-hal yang terkait dengan ilmu-ilmu keislaman.
  5. Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga yang berorientasi pada pengembangan studi Bahasa dan Sastra Arab di tingkat lokal, nasional, regional dan internasional dengan melakukan program nyata dalam rangka mencerdaskan bangsa.

Prospek Belajar

Lulusan program ini memiliki peluang kerja yang bagus, terutama di Departemen Luar Negeri, Agama, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pendidikan Nasional), LIPI, Penerbit Buku, Media Masa, serta LSM.

Akreditasi

Terakreditasi A (SK. BAN PT RI No. 046/BAN-PT/Ak-XIII/S1/II/2011)

Prospek Lulusan

Kementerian Luar Negeri, Kementerian Agama, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Pendidikan Nasional, LIPI, penerbit, wartawan, LSM, penerjemah, penulis, dosen, museum, pariwisata.

Kompetensi

Lulusan menguasai ketrampilan berbahasa Arab secara komplit, menguasai ketrampilan berbahasa, pemahaman linguistik, penerjemahan, mampu mentransfer ilmu pengajaran Bahasa Arab, serta mengembangkan model pengajaran dan pemahaman Bahasa Arab yang lebih baik.

Pengajar

Pengajar  terdiri dari dosen tetap yayasan, dosen PNS, dan dosen luar biasa. Kategori dosen luar biasa terdiri dari tamu dan praktisi seperti sastrawan, novelis, penerjemah tersumpah, penulis, seniman, budayawan dan lain-lain. Jumlah dosen saat ini sebanyak 7 orang dengan tingkat pendidikan S2 dan 3 orang di antaranya tengah menempuh jenjang pendidikan S3.

Fasilitas Pendukung

Ruang kelas yang nyaman dilengkapi dengan AC dan multimedia, laboratorium bahasa dan komputer, ruang latihan pidato dan siaran, hotspot area, asrama mahasiswa, perpustakaan khusus prodi. Selain itu didiukung dengan fasilitas pengembangan minat dan kemampuan belajar mahasiswa, antara lain: kelompok studi (percakapan, debat, penerjemahan), beasiswa dan keringanan biaya (Kemenag RI, Supersemar, UAD, Lazis, Bantuan Belajar Mahasiswa, Peningkatan Prestasi Akademik), program gelar ganda, pertukaran mahasiswa ke Universiti Malaya (Malaysia) dan Canal Suez University (Mesir), penyaluran kerja alumni (untuk luar negeri bekerjasama dengan Thailand, Malaysia dan Mesir).

Prestasi Mahasiswa

Beberapa prestasi ungggulan, diantaranya:

  1. Juara 1 Tingkat Nasional Lomba Esai dan Presentasi Bahasa Arab tingkat Mahasiswa se-Indonesia di Pentas Budaya Arab tahun 2013 Universitas Hasanuddin Makassar atas nama Ahmad Luqman Hakim dan Muhammad Azwan.
  2. Perempat finalis Debat Bahasa Arab Nasional pada Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa XIII tingkat Nasional di Universitas Andalas Padang atas nama Ahmad Luqman Hakim dan Nurhasanah.
  3. Semi finalis Debat Bahasa Arab Nasional tingkat Mahasiswa di Festival Timur Tengah Universitas Indonesia tahun 2013 atas nama Ahmad Lukman Hakim.

Web Program Studi Bahasa dan Sastra Arab : http://fai.uad.ac.id