You are here

Program Studi Biologi

Indonesian

Pengantar

Program Studi Biologi berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dan dipercaya masyarakat dengan didukung oleh fasilitas yang memadai dan staf pengajar yang berkompeten.  Misi yang diemban adalah menjadi program studi unggul dalam penguasaan terapan biologi yang menjadi basis teknologi untuk menghasilkan sarjana biologi yang mempunyai keahlian akademik, profesional, serta berakhlak Islami.  Lulusan berhak menyandang gelar Sarjana Sains (S.Si.).

Visi

Menjadi Program Studi unggul di bidang Biologi Industri yang berwawasan global dengan dilandasi moral dan etika keislaman.

Visi akan dicapai pada tahun 2020.

Misi

  1. Menyelenggarakan program-program akademik di lingkungan Program Studi Biologi yang berkualitas dan terbakukan secara nasional dan internasional.
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian bagi dosen dan mahasiswa, serta mendorong terciptanya iklim penelitian yang baik, sehingga terselenggaranya penelitian yang berkualitas.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan dan pengabdian pada masyarakat.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama dengan pemerintah maupun swasta di tingkat nasional maupun internasional dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Tujuan

Program Studi Biologi bertujuan

  1. Mampu mengembangkan kompetensi SDM profesional di bidang
  2. Menghasilkan penelitian yang menunjang pengembangan pendidikan dan pengajaran di bidang keilmuan biologi berbasis teknologi.
  3. Memberikan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan semua sumber daya yang relevan.
  4. Memberikan layanan kepakaran kepada masyarakat dalam pengembangan di bidang keilmuan biologi berbasis teknologi.
  5. Menghasilkan kerjasama di bidang peningkatan kualitas dengan berbagai lembaga baik dalam negeri dan luar negeri dengan melakukan program nyata dalam rangka mencerdaskan ummat.

Akreditasi

Terakreditasi A (SK Nomor : 468/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014)

Prospek Lulusan

Instansi pemerintah yang terkait dengan ilmu Biologi, industri, wirausaha, trainer, tenaga pengajar baik di perguruan tinggi (dosen) maupun di sekolah menengah (guru).

Kompetensi

Lulusan memiliki pemahaman umum mengenai biologi, terampil dalam mengelola ide, konsep, masalah, penemuan, pengembangan, dan penerapan biologi, serta aktif berpartisipasi dalam penelitian pengembangan dan penerapan biologi.  Lulusan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, peka terhadap perkembangan biologi baik secara lokal maupun global, menghargai keaslian ide, konsep, dan penemuan lainnya, menghargai upaya interdisiplin dalam pengembangan riset dalam rangka memanfaatkan sumber daya alam.

Pengajar

Kualifikasi dosen antara lain, 20% dosen bergelar Doktor, 60% bergelar Master, dan 20% tengah menempuh S2. Dosen merupakan alumni dari dalam dan luar negeri seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan Bold University, USA yang ahli dalam bidang Taksonomi Hewan, Struktur dan Perkembangan Hewan, Taksonomi Tumbuhan, Mikrobiologi, Biologi Molekuler, Bioteknologi Umum, Fisiologi Tumbuhan, Ekofisiologi Tumbuhan, Genetika, Fisiologi Hewan, Kimia Dasar, dan Biokimia.

Fasilitas Pendukung

Kegiatan akademik dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti ruang kuliah yang representatif dilengkapi LCD, Laboratorium Biologi yang terdiri dari laboratorium Mikrobiologi, Kultur Jaringan, Fisiologi Tumbuhan dan Hewan, Laboratorium Kimia, serta didukung dengan perpustakaan yang dilengkapi dengan perpustakaan digital (http://digilib.uad.ac.id), akses internet gratis, dan berbagai macam beasiswa (Bidikmisi, BBM, PPA, Supersemar, Bea-Mahasiswa Dikpora, beasiswa dari beberapa bank rekanan UAD, dan lain-lain).

Prestasi Mahasiswa

Mahasiswa program studi Biologi aktif dalam berbagai kegiatan ilmiah antara lain Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM), Olimpiade Biologi, berbagai kegiatan inovatif-produktif ditingkat regional dan nasional, serta seminar, workshop, pelatihan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Biologi dan berbagai lembaga serta unit kegiatan mahasiswa lainnya.

Web Program Studi Biologi : http://bio.uad.ac.id