You are here

Program Studi Ekonomi Pembangunan

Indonesian

Pengantar

Program studi Ekonomi Pembangunan hadir untuk memenuhi tantangan globalisasi dengan mengombinasikan brainware (dosen berpengalaman baik dalam maupun luar negeri, serta praktisi), hardware (fasilitas perkuliahan modern pada lokasi yang representatif), software (kurikulum yang terbarukan dan aplikatif), dan networking (silaturahmi dengan lembaga pemerintah). Selain dibekali pengetahuan, mahasiswa juga diberi bekal ilmu agama Islam untuk meningkatkan ketaqwaan dalam menerapkan dan mengembangkan pengetahuan.  Program studi ini resmi berdiri tahun 1994.  Lulusan program studi bergelar Sarjana Ekonomi (S.E.).

Visi

Menjadi program studi yang unggul dalam bidang  ekonomi, aset dan regional berwawasan global dan berbasis pada nilai ke-Islaman.

Misi

  1. Melakukan pendidikan dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud pengimplementasian ilmu ekonomi
  2. Menciptakan SDM  yang mampu mengimplementasikan ilmu dalam bidang ekonomi, regional dan asset.
  3. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak menuju Prodi EP UAD yang berwawasan global.
  4. Meningkatkan pemahaman keislaman sebagai basis dan landasan pengembangan ilmu dan kehidupan akademika

Tujuan

Mewujudkan sarjana muslim yang profesional dalam bidang ilmu ekonomi, regional dan aset untuk memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan masyarakat.

Akreditasi

Terakreditasi B (SK BAN PT Nomor :1011/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015)

Prospek Lulusan

Perencana pembangunan di instansi pemerintah (Bappenas, Bappeda), staf ahli, peneliti, analis bursa efek, dosen, pengamat ekonomi, dan sebagainya.

Kompetensi

Kompetensi utama

  1. Kognitif (Knowledge)

Kemampuan memahami dan menerapkan pengetahuan tentang fakta-fakta dasar, konsep, prinsip-prinsip dan teori ilmu ekonomi yang terkait untuk memecahkan permasalahan tentang ekonomi regional dan asset, serta mengkomunikasikannya secara baik dan benar.

  1. Psikomotorik (Skills)

Mampu mengamati dan mengukur indikator ekonomi makro dengan cara mengoperasikan alat-alat analisis ekonomi: mampu merencanakan, mendesain, dan melakukan penelitian ekonomi regional dan asset sejak pengenalan masalah, analisis, hingga evaluasi hasil yang diperoleh (kemampuan pemilihan data, teknik, dan prosedur yang sesuai).

  1. Afektif (Attitude)

Memililiki watak dan kepribadian sebagai insan akademik dan sosial yang beretika dan menjunjung nilai-nilai Islami serta mampu menghadapi tantangan masa depan dalam lingkungan global yang dinamis.

Kompetensi penunjang

Memiliki keterampilan berkomunikasi secara lisan dan tulisan menggunakan bahasa nasional dan atau internasional dengan baik dan benar, memiliki keterampilan dalam memperoleh dan memanfaatkan informasi baik primer maupun sekunder. Lulusan juga dituntut memiliki keterampilan mengolah dan mempresentasikan data termasuk dalam menggunakan multimedia yang berbasis teknologi informasi, memiliki kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, melakukan monitoring, dan mengevaluasi, serta memperbaharui secara berkelanjutan cara-cara kerja yang efektif dan efisien baik secara individu maupun kelompok.

Kompetensi khusus

Lulusan mampu menerapkan pengetahuan dasar mengenai ilmu ekonomi regional dan asset berdasar studi kasus.

Pengajar

Memiliki 7 dosen magister/master lulusan dari dalam dan luar negeri. Tiga diantaranya saat ini sedang menempuh studi S3. Dosen memiliki sejumlah bidang keahlian, seperti ekonomi moneter, ekonomi internasional, ekonomi mikro dan makro, perekonomian Indonesia, perencanaan pembangunan, ekonomi regional, penilaian asset dan manajemen asset, serta ekonomi SDA dan lingkungan.

Fasilitas Pendukung

Perkuliahan ditunjang oleh sejumlah fasilitas sepert ruang kuliah ber-LCD dan berfasilitas audio visual, perpustakaan, masjid, koperasi, kantin, ruang parkir, lapangan olahraga, poliklinik, apotek, pesantren mahasiswa, dan area wi fi. Selain itu juga tersedia laboratorium serta pojok bursa. Laboratorium sebagai tempat mahasiswa untuk praktek pengolahan data, dilengkapi 40 unit komputer, AC, dan LCD. Di pojok bursa, mahasiswa dapat melakukan transaksi di pasar modal, serta mendapatkan data-data keuangan untuk penelitian.

Prestasi Mahasiswa

  1. Finalis lomba King of Economic (diselenggarakan oleh Universitas Dian Nuswantoro, Semarang) atas nama Ana Rahmawati Wibowo pada 2 April 2014.
  2. Juara I Economic Competition (diselenggarakan oleh FE UAD), atas nama Ana Rahmawati Wibowo pada tahun 2014.
  3. Juara I Economic Competition (diselenggarakan oleh FE UAD), atas nama Erviana Fitriatun pada tahun 2014.

 

Web Program Studi Ekonomi Pembangunan : http://ep.uad.ac.id