You are here

Program Studi Farmasi

Indonesian

Pengantar

Program Studi Farmasi memiliki visi menjadi pusat unggulan dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan yang professional berdaya saing global dalam bidang Farmasi Komunitas dan bahan alam yang dilandasi moral keislaman, dan memiliki misi : menghasilkan lulusan yang unggul dalam Farmasi komunitas dan bahan alam serta professional dalam pelayanan kefarmasian berdasarkan moral keislaman, menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang Farmasi komunitas dan bahan alam yang berkualitas dan berdaya saing global, menjalin kemitraan dengan para stake holder dalam upaya pelaksanaan Tri Dharma.

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan Sarjana Farmasi yang professional berdaya saing global dalam bidang Farmasi komunitas dan bahan alam yang dilandasi moral keislaman.

Misi

  1. Menghasilkan Sarjana Farmasi yang unggul dalam Farmasi komunitas dan bahan alam serta professional dalam pelayanan kefarmasian berdasarkan moral keislaman.
  2. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang Farmasi komunitas dan bahan alam yang berkualitas dan berdaya saing global.
  3. Menjalin kemitraan dengan para stake holder dalam upaya pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuan Pendidikan

  1. Menghasilkan Sarjana Farmasi yang professional dalam pelayanan kefarmasian yang berdaya saing global berdasarkan moral keislaman.
  2. Menghasilkan produk ilmiah dalam Ilmu Farmasi yang berkualitas dan bernilai guna bagi masyarakat.
  3. Menghasilkan Sarjana Farmasi yang mempunyai kemampuan dan keterampilan dalam berwirausaha dan bekerjasama dengan orang lain serta mempunyai pengalaman dalam penelitian kefarmasian.
  4. Menghasilkan Sarjana Farmasi yang mempunyai kemandirian dalam pengembangan ilmu serta mampu menerapkan bidang ilmu dan keahliannya bagi masyarakat.
  5. Mempunyai SDM yang berkemampuan dalam bidang Farmasi komunitas dan bahan alam dan mampu untuk mengembangkannya.
  6. Membangun kepedulian pada masyarakat dalam bidang informasi kesehatan khususnya obat, obat tradisional, makanan dan kosmetika.

Akreditasi

Terakreditasi A (SK BAN PT No : 437/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014)

Kompetensi Lulusan

1. Kompetensi Utama

Setiap lulusan dari Prodi S1 Farmasi memiliki kompetensi utama dalam mengembangkan dan menguasai teknologi dibidang farmasi komunitas dan bahan alam sehingga bisa bersaing secara global. Selain itu juga memiliki integritas dan profesionalitas yang tinggi dalam pelayanan kefarmasian. Pencapaian ini dilakukan semasa kuliah melalui kegiatan perkuliahan maupun praktikum serta praktik lapangan.

2. Kompetensi Penunjang

Selain kompetensi utama, lulusan juga memiliki kompetensi penunjang yang dihasilkan dari program-program softskills yang diselenggarakan oleh universitas. Program ini dimaksudkan untuk membekali para mahasiswa selama kuliah untuk menjadi para intelektual yang bermoral dan berdedikasi.

3. Kompetensi Khusus

Lulusan Prodi S1 Farmasi juga memiliki kompetensi khusus yaitu setiap lulusan memiliki perilaku baik dan tanggung jawab yang tinggi yang berbasis pada nilai keislaman. Kompetensi khusus ini yang membedakan dengan lulusan perguruan tinggi yang lain.

Pengajar

Program Studi S1 Farmasi memiliki dosen yang berkualitas dengan gelar Profesor, Doktor, dan Master dari lulusan dalam maupun luar negeri. Dosen-dosen Program Studi S1 Farmasi memiliki banyak kompetensi kefarmasian diantaranya farmasi klinik dan obat herbal.

Fasilitas Penunjang

Perkuliahan didukung dengan fasilitas yang memadai seperti ruang kuliah yang ber-AC, dilengkapi dengan LCD proyektor, Free Hot Spot area yang telah mencakup seluruh lingkungan kampus. Selain itu juga terdapat berbagai laboratorium diantaranya Laboratorium Komputer, Laboratorium terpadu yang meliputi: Laboratorium Riset dan Teknologi Informasi, Laboratorium Farmasetika dan Teknologi Farmasi, Laboratorium Biologi Farmasi dan Farmakologi, Laboratorium Kimia Farmasi.

Prestasi Mahasiswa

Beberapa prestasi unggulan, yaitu  :

  1. Delegasi The Green Leaders Youth Energy Summit 2013, di De La Salle University Manila, Philipines 2013, a/n Mary Fitriyanah.
  2. Juara I Mahasiswa berprestasi Tingkat Universitas tahun 2013, a/n Yudha Rizky Nuary.

Web Program Studi Farmasi : http://ffarmasi.uad.ac.id