You are here

Program Studi Fisika Melins

Indonesian

Pengantar

Pogram Studi Fisika adalah program studi yang menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang Fisika Metrologi, Elektronika, dan Instrumentasi (MELINS). Bidang Fisika memiliki peran dan landasan penting dalam perkembangan teknologi dunia yang begitu pesat.  Ilmu Fisika memiliki kaitan yang erat dengan bidang metrologi, elektronika, dan instrumentasi. Metrologi merupakan disiplin ilmu yang berkaitan dengan kalibrasi, peneraan, dan pengukuran yang diperlukan pada proses industri, juga pengembangan ilmu pengetahun dan teknologi. Elektronika menjadi platform hadirnya berbagai teknologi digital, telekomunikasi, dan informasi. Sementara itu, Instrumentasi menjadi integrator berbagai bentuk teknologi yang mencakup semua level dari teknologi rumah tangga, kesehatan, pertanian, hingga teknologi canggih pesawat terbang, pesawat luar angkasa, dan lain-lain.

Visi

Pada tahun 2030 menjadi program studi Fisika yang leading dalam menjawab tantangan global dalam bidang ilmu Fisika peminatan Metrologi, Material Elektronika, dan Instrumentasi (MELINS) sejalan dengan nilai-nilai Islam.

Misi

  1. Menyelenggarakan program akademik yang mengarah pada profesionalisme dalam bidang Fisika MELINS untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Menyelenggarakan program penelitian yang berkualitas, inovatif, bermuara kepada komersialisasi dan berkontribusi untuk kepentingan nasional.
  3. Menyelenggarakan program pengabdian masyarakat yang tepat guna dan berkontribusi untuk kepentingan nasional.
  4. Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dalam spesialisasi di bidangnya.
  5. Membangun dan mengembangkan kerjasama strategis untuk penguatan kualitas tri dharma perguruan tinggi.
  6. Meningkatkan dan menjaga keberlanjutan atmosfer akademik yang kondusif dan islami.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai dan mampu menerapkan bidang ilmu Fisika untuk pengembangan teknologi, kreatif, inovatif, adaptif, dan berjiwa wirausaha serta berkarakter islami.
  2. Menghasilkan karya ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guan yang berkaliber nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan model kelembagaan yang profesional dan kuat dalam kapasitas berinovasi, sebagai agen pengembangan ekonomi (agent of economic development).

Akreditasi

Terakreditasi A (SK BAN-PT No :01838/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2017)

Prospek Lulusan

Dosen, Balai Metrologi, Quality Control instrumentasi dan pengukuran di industri, ahli piranti elektronika dan aplikasi industri, ahli instrumentasi piranti kesehatan, peneliti di lembaga penelitian/pusat riset pemerintah maupun non pemerintah (swasta, industri), dan lain-lain.

Kompetensi

Lulusan memiliki kemampuan memahami konsep dasar ilmu Fisika dan aplikasinya, kemampuan dalam bidang metrologi, penggunaan alat ukur dan kalibrasi, kemampuan dalam mengembangkan desain dan rancang bangun instrumen berbasis elektronika dan instrumentasi, kemampuan dasar pemrograman untuk instrumen pengukuran dan pengendalian. Penting pula bagi lulusan memiliki kemampuan menjalankan syariat Islam dengan benar. Lulusan juga memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik, memiliki leadership dan kemampuan manajerial, memiliki jiwa kewirausahaan, dan mampu bekerja sama dalam tim.

Pengajar

Memiliki 1 orang Guru Besar, 3 doktor, dan 4 dosen bergelar master  dari dalam dan luar negeri seperti UGM, UAD, ITB, Universiti Teknologi Malaysia, dan University of Essex (Inggris). Berbagai hasil penelitian dosen telah banyak dipatenkan serta dipublikasikan dalam berbagai jurnal internasional.

Fasilitas Pendukung

Perkuliahan ditunjang oleh berbagai fasilitas, antara lain, ruang kuliah yang nyaman didukung peralatan LCD dan audi visual, Laboratorium Kalibrasi dan Uji (LKU), Lab Metrologi, Lab Fisika Material, Lab Elektronika dan Instrumentasi, Lab Deteksi Optik Audio Visual, perpustakaan digital yang lengkap, masjid, koperasi, kantin, ruang parkir, lapangan olahraga, serta area ber-WiFi dengan akses gratis.

Prestasi Mahasiswa

Beberapa prestasi unggulan diantaranya :

  1. Tim PKM Bidang Teknologi berhasil meraih Emas pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) di Padang, Sumatera Barat tahun 2005.
  2. Farid Imam, Bagus Haryadi, Pamungkas B. Sumarmo, Miftakudin, Zulqa M.Chandra, dan Hariyadi Soetedjo, Explosion Phenomenon Observed from Seed Capsules of Pletekan (Ruellia tuberosa  L.), Journal of Natural Sciences Research, 2013, 3(9):96-101. (International Journal) ISSN 2224-3186 (Paper) ISSN 2225-0921 (Online)
  3. Hariyadi Soetedjo, Bagus Haryadi and Farid Imam, Mechanical Sensor by Water Contact Observed from a Seed Capsule of Pletekan Plant (Ruellia tuberosa  L.), Sensors and Transducers Journal, 2013, Vol.158, Issue 11.

Web Program Studi Fisika Melins : http://fisika.uad.ac.id