You are here

Program Studi Ilmu Hukum

Indonesian

Gambaran Umum

Fakultas Hukum berdiri 1997 menyelenggarakan pendidikan S1 Ilmu Hukum guna menyiapkan peserta didik atau mahasiswa menjadi sarjana Ilmu Hukum yang cakap, terampil, dan mampu menganalisa serta menyusun strategi untuk memecahkan problematika hukum yang berkembang dalam masyarakat.  Visinya menjadi Program Studi Ilmu Hukum unggulan dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan ketrampilan hukum, berwawasan global, berbasis pada nilai ke-Islaman serta dijiwai semangat pembaharuan. Salah satu misi adalah menyelenggarakan program pendidikan  yang berkualitas dan relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan hukum, teknologi serta dinamika masyarakat lokal, nasional dan internasional dalam suasana kampus dan kehidupan akademik.  Lulusan berhak menyandang gelar Sarjana Hukum (S.H.).

Visi

Menjadi Program Studi Ilmu Hukum yang unggul dan diakui secara internasional dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan ketrampilan hukum, dijiwai nilai-nilai Islam dan semangat pembaharuan.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang Hukum yang berwawasan internasional dan dijiwai nilai-nilai Islam.
  2. Mengimplementasikan kerja sama dengan pemerintah, swasta, organisasi di tingkat lokal, nasional dan internasional.
  3. Melakasanakan pengelolaan program studi dengan baik.
  4. Mengimplementasikan nilai-nilai Islam dan semangat pembaharuan pada semua aspek kegiatan program studi.

Tujuan

  1. Terwujudnya Sarjana Hukum yang memiliki kompetensi unggul dalam bidang ilmu dan ketrampilan hukum serta berakhlak mulia, berintegritas dan profesional.
  2. Terwujudnya hasil-hasil penelitian hukum yang dijiwai semangat pembaharuan dan relevan dengan kebutuhan masyarakat lokal, nasional dan internsional serta kemajuan ilmu pengetahuan hukum.
  3. Terlaksananya peran sivitas akademika pada pengembangan ilmu hukum yang berkemajuan.
  4. Terwujudnya peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi unggul di bidang hukum dan berakhlak mulia.
  5. Terlaksananya kegiatan kerjasama strategis yang saling menguntungkan dengan mitra lokal, nasional dan internasional.

Akreditasi

Terakreditasi B (437/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014)

Kompetensi

Mencetak lulusan dengan integritas dan kemampuan memberikan saran perubahan/perbaikan terhadap sistem/struktur, serta substasnsi dan budaya hukum di masyarakat dengan berbekal kemampuan pengetahuan bidang hukum, kepekaan terhadap rasa keadilan, dan ketrampilan berkomunikasi dalam bidang hukum.

Pengajar

Pengajar terdiri dari dosen tetap Yayasan, Negeri, dosen tamu dan praktisi yaitu hakim, jaksa dan advokat, alumni dari berbagai perguruan tinggi dalam dan Luar Negari : Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Islam Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Al-Azhar, Kairo. Jumlah Dosen tetap 15 orang yang rata-rata sudah berpendidikan S2, 4 diantaranya sedang studi lanjut S3 dan 1 dosen bergelar  guru besar.

Fasilitas Pendukung

Perkuliahan ditunjang oleh sejumlah fasilitas diantaranya ruang kuliah dengan LCD  dan sarana audio visual, perpustakaan, masjid, kantin, ruang parkir, dan area WiFi. Selain itu, terdapat laboratorium hukum, Pusat Konsultasi dan Bantuan Hukum (PKBH) yang melayani advokasi dan pendampingan kasus perdata maupun pidana, konsultasi hukum, pembuatan legal opinion, legal drafting, konsultasi kebijakan, pelatihan hukum, penyuluhan-penyuluhan hukum, dan penelitian, Pusat Studi Konstitusi dan Demokrasi (PSKD), Ruang Peradilan Semu serta Perpustakaan khusus Prodi.

Prestasi Mahasiswa

Beberapa prestasi unggulan diantaranya  :

  1. Runner Up untuk Kategori Berkas dalam Kompetisi Peradilan Semu di Universitas Negeri Semarang tahun 2013 atas nama Komunitas Peradilan Semu FH UAD
  2. Runner Up Grup Lomba Debat Hukum Agraria dalam Lomba Debat Hukum Agraria Piala Prof. Boedi Harsono di Universitas Trisakti tahun 2013 atas nama Tim Debat FH UAD
  3. Runner Up Grup Lomba Debat Konstitusi dalam Lomba Debat Konstitusi di Universitas Gajah Mada tahun 2012 atas nama Tim Debat FH UAD

Web Program Studi Ilmu Hukum : http://fh.uad.ac.id