You are here

Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat

Indonesian

Pengantar

Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat bertujuan menghasilkan ahli kesehatan masyarakat yang mampu mengambil peranan besar dalam kehidupan masyarakat dengan pemahaman tentang aspek-aspek kesehatan masyarakat.  Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat terdiri atas 4 konsentrasi peminatan, yaitu manajemen rumah sakit, kesehatan reproduksi, epidemiologi dan penyakit tropik, serta kesehatan lingkungan dan kesehatan kerja.  Lulusan mendapat gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.K.).

Visi

Program Studi yang kompetitif, berwawasan global dan berlandaskan nilai keislaman, berorientasi pada kota sehat.

Misi

  1. Menghasilkan civitas akademika yang mempunyai kemampuan hard skilldansoft skill, berperan aktif dalam penelitian dan pengabdian masyarakat.

  2. Menghasilkan lulusan yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan ilmiah berskala nasional dan internasional, adaptif dan responsif terhadap isu kesehatan masyarakat secara global.
  3. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian di bidang kesehatan masyarakat yang berdasar pada Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

Akreditasi

Terakreditasi B (SK BAN PT No :192/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2013)

Prospek Lulusan

Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Kesehatan, KKP, Dinas Kesehatan, Puskesmas, pegawai industri/ perusahaan tambang dan minyak, rumah sakit, dan lain-lain.

Kompetensi

Kompetensi dikategorikan atas 4 minat, yaitu  :

1. Manajemen Rumah Sakit

Lulusan memiliki kemampuan manajemen pengelolaan rumah sakit dalam rangka meningkatkan efektivitas, efisiensi, kualitas dan produktivitas rumah sakit, serta cakap dalam pengambilan keputusan terkait kebijakan rumah sakit.

2. Kesehatan Reproduksi

Lulusan menjadi seorang yang profesional dalam kesehatan ibu, anak, dan reproduksi dengan menguasai pengetahuan dan keterampilan tentang masalah-masalah kesehatan serta dapat mengimplementasikan program penanggulangan permasalahan kesehatan ibu, anak dan reproduksi.

3. Epidemiologi dan Penyakit Tropik

Lulusan yang ahli dalam bidang epidemologi, siap bekerja secara mandiri dan profesional untuk menyediakan data dan informasi bagi para pengambil keputusan dalam menanggulangi permasalahan kesehatan di masyarakat.

4. Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja

Lulusan yang ahli dalam masalah kesehatan lingkungan sebagai salah satu upaya perlindungan terhadap pekerja, mampu terjun langsung menangani permasalahan yang ada di lapangan terkait masalah lingkungan, mengambil data untuk informasi pembuat keputusan serta mampu membuat kebijakan terkait permasalahan kesehatan di lingkungan sekitar.

Pengajar

Memiliki 25 dosen dengan gelar Doktor (5 orang) dan Magister (20 orang), baik lulusan luar negeri maupun dalam negeri serta para pakar/praktisi kesehatan. Selain itu, dosen juga memiliki kompetensi di bidang Epidemiologi dan Penyakit Tropik, Entomologi, Biostatistik, Kebijakan Pembiayaan Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Pengelolaan Sampah, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Pengendalian Vektor berbasis Lingkungan, Analisis Kualitas Lingkungan, Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Kebijakan Kesehatan, Manajemen Rumah Sakit, Gizi Kesehatan Masyarakat, Perilaku kesehatan dan Promosi Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Ibu dan Anak,  Kesehatan Reproduksi, Sistem Informasi Kesehatan, Sistem Informasi Geografi.

Fasilitas Pendukung

Kegiatan perkuliahan ditunjang dengan berbagai fasilitas dan teknologi seperti LCD proyektor, ruang kelas yang nyaman, layanan mahasiswa berbasis on line, dan area Wi-Fi. Praktikum mahasiswa ditunjang dengan beberapa laboratorium seperti Laboratorium Komputer,  Parasitologi, Biologi Dasar, Entomologi dan Laboratorium Lapangan. Laboratorium Lapangan sudah melalui proses kerja sama antara FKM UAD dengan pihak lain seperti di Balai Hyperkes, Bapelkes Semarang, RS PKU Muhammadiyah Kota Yogya, RS PKU Muhammadiyah Kabupaten Bantul, RSUD Grhasia Yogyakarta, Balai Vektor Salatiga.

Prestasi Mahasiswa

Beberapa prestasi unggulan, diantaranya:

  1. Call for Paper di Konferensi Internasional IFHIMA (International Federation of Health Information Management Association) di Montreal, Kanada, Amerika atas nama Dwi Margawati tahun 2013.
  2. Juara I Essay Competition Tingkat Nasional Olimpiade Keilmuan Kesehatan Masyarakat Indonesia atas nama Zly Wahyuni tahun 2012.
  3. Asia Pacific Forum (APF) for  Graduate Student’Research in Tourism (Best Paper Competition) University Nevada Las Vegas Singapore atas nama Yusuf Maulana, Mudita Sri Hidayah, Agnes Ellis Dhanniella Tahun 2011.

Web Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat : http://fkm.uad.ac.id