You are here

Program Studi Ilmu Komunikasi

Indonesian

Pengantar

Program Studi Ilmu Komunikasi berdiri tahun 2012 dengan fokus utama bidang pertelevisian.  Hal ini didukung oleh staf pengajar yang berpengalaman di bidangnya, serta berbagai fasilitas di bidang pertelevisian.  Lulusan berhak mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom).

Visi

Menjadi program studi yang unggul dalam dunia penyiaran dan kehumasan yang berwawasan global untuk menjaga keanekaragaman budaya Indonesia dengan dilandasi nilai moral Islami pada tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang ilmu komunikasi, pertelevisian, dan kehumasan dalam perspektif keanekaragaman budaya.
  2. Melakukan penelitian di bidang komunikasi, pertelevisian, kehumasan, keanekaragaman budaya dan kaitannya dengan nilai-nilai moral di masyarakat.
  3. Melakukan pengabdian, penyebarluasan, dan penerapan hasil-hasil penelitian dan kajian pemikiran di bidang komunikasi, pertelevisian, kehumasan, serta keanekaragaman budaya serta kaitannya dengan nilai-nilai moral di masyarakat.
  4. Menyebarluaskan nilai-nilai moral Islami dalam praktek komunikasi, pertelevisian, dan kehumasan untuk mengupayakan peningkatan masyarakat dalam derajat budaya yang lebih baik.
  5. Menjalin kerja sama dengan pihak luar di bidang komunikasi, pertelevisian, dan kehumasan, serta upaya mempertahankan keanekaragaman budaya.

Akreditasi

Terakreditasi B (049/SK/BAN-PT/Ak-SURV/S/II/2015)

Prospek Lulusan

Peluang kerja di bidang pertelevisian terbuka luas bagi lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi. Selain itu, lulusan dapat juga berkarir di bidang komunikasi lainnya di lembaga pemerintah atau non pemerintah (LSM) dan konsultan SDM. Tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan bekal yang diberikan untuk menciptakan lapangan kerja sendiri di bidang komunikasi.

Kompetensi

Lulusan akan :

  1. Memiliki kompetensi di bidang ilmu komunikasi, pertelevisian dan kehumasan yang memiliki perspektif keanekaragaman budaya.
  2. Mampu melakukan penelitian di bidang komunikasi, pertelevisian, kehumasan, keanekaragaman budaya dan kaitannya dengan nilai-nilai moral di masyarakat.
  3. Mampu mengembangkan, menyebarluaskan dan menerapkan hasil-hasil penelitian dan kajian pemikiran di bidang komunikasi, pertelevisian, kehumasan, keanekaragaan budaya dan nilai-nilai moral di masyarakat.
  4. Mengamalkan nilai-nilai moral Islami bagi upaya peningkatan kualitas komunikasi, pertelevisian, dan keanekaragaman budaya masyarakat yang lebih baik.

Pengajar

Didukung dosen-dosen yang profesional, di bidang komunikasi yang memiliki pengalaman langsung di industri komunikasi, berpendidikan master, dari perguruan tinggi ternama di Indonesia, seperti: UGM, UI, UNS, maupun UIN.   Kompetensi yang dimiliki oleh dosen Program Studi Ilmu Komunikasi, meliputi bidang: Broadcasting, Advertising, Fotografi dan Public Relations.

Fasilitas Pendukung

Ruang kelas nyaman dilengkapi dengan AC dan fasilitas pengajaran yang multimedia, studio broadcasting televisi, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, kesempatan praktek langsung di TV Nasional dan lokal, Beasiswa UAD, Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBBM), Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA), dan kesempatan beasiswa/keringanan biaya kuliah lainnya.

Prestasi Mahasiswa

Beberapa prestasi unggulan, diantaranya  :

  1. Juara 2 Lomba Film Pendek Nasional dalam Pekan Komunikasi 2013 atas nama Ayu Nuangsari dan tim.
  2. Juara 3 Lomba Film Pendek Nasional dalam Pekan komunikasi 2013 atas nama Kesawa Perwira Yudha dan tim.

Web Program Studi Ilmu Komunikasi : http://ilmukomunikasi.uad.ac.id