You are here

Program Studi Magister Farmasi

Indonesian

Pengantar

Magister Farmasi berdiri pada 16 Agustus 2010 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional yang ditandatangani oleh (ANB) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi berdasarkan SK DIKTI Nomor: 119/D/0/2010.

Visi Farmasi S2 adalah menjadi program studi pascasarjana yang unggul dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan berdaya saing global dalam bidang farmasi komunitas dan farmasi bahan alam yang dilandasi moral keislaman, sedangkan misinya adalah menyelenggarakan pendidikan pascasarjana (S2) untuk menghasilkan pakar-pakar farmasi yang mempunyai kemampuan dalam penerapan dan pengembangan ilmu dan teknologi farmasi bahan alam dan farmasi komunitas sesuai dengan kemajuan IPTEK berlandaskan nilai-nilai keislaman dan semangat pengabdian kepada masyarakat; Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan sebagai kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan; Menjalin jejaring pendidikan lanjut dan penelitian dengan lembaga lain terkemuka di dalam maupun di luar negeri.  Gelar lulusan Magister (S2) Farmasi adalah Magister Farmasi (M.Farm.).

Akreditasi

Terakreditasi B (SK BAN PT No :  1012/SK/BAN-PT/Akred/M/IX/2015)

Kompetensi Lulusan

Kompetensi Utama

  1. Asas-asas pengembangan obat dan kosmetika bahan alam meliputi aspek-aspek mekanisme farmakologis dan pengembangan bentuk sediaan.
  2. Farmakoterapi serta fitoterapi dalam pengobatan.

Kompetensi Penunjang

  1. Pengembangan Obat dan Kosmetika Bahan Alam
  2. Isolasi dan identifikasi senyawa bahan alam.
  3. Formulasi obat dan kosmetika bahan alam.
  4. Quality assurance  produk obat dan kosmetika bahan alam.

Kompetensi Farmasi Klinis

  1. Monitoring penggunaan dan efek samping obat  dalam terapi pediatrik, geriatric, obsgyn, interna, syaraf, bedah.
  2. Mencari, menilai sumber informasi, dan mengomunikasikan  serta menyajikan  informasi obat.
  3. Komunikasi interpersonal sebagai bagian dari tim kesehatan.

Kompetensi Khusus

Lulusan Program Studi S2 Farmasi  memiliki ketrampilan spesifik dalam hal:

  1. Team work yaitu dapat bekerja secara efektif sebagai bagian dari kelompok profesional.
  2. Penguasaan bahasa Inggris.
  3. Teknologi Informasi, yaitu dapat menggunakan perangkat TI secara efektif; termasuk ketrampilan dalam melakukan pencarian informasi (information retrieval) obat.
  4. Al-Islam: pengobatan Islami.

Dalam rangka meraih kompetensi lulusan yang demikian, Magister Farmasi menjalin kerjasama dengan perusahaan, instansi pemerintah, instansi swasta, serta berbagai perguruan tinggi baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri memberikan banyak kesempatan bagi mahasiswa Pascasarjana UAD untuk mengikuti berbagai program yang ditawarkan antara lain: students mobility, short course, double degree, credit transfer system, dan lain-lain. Student mobility diprogramkan setiap tahun yang dapat diikuti oleh mahasiswa pascasarjana untuk semua program studi dan angkatan serta alumni pascasarjana UAD. Kegiatannya antara lain seminar internasional, kuliah bersama, kunjungan ke berbagai sekolah atau perguruan tinggi. Pada acara seminar, peserta dapat mempresentasikan makalahnya dan makalah dimasukkan pada proceeding.  Bagi mahasiswa Magister Farmasi yang memiliki kemampuan bahasa Inggris aktif dan memenuhi syarat dapat mengikuti pembelajaran klinis di Prince of Songkhla University (PSU) Thailand.

Kompetensi Dosen

Dosen Magister Farmasi UAD bergelar Doktor dan Guru Besar lulusan Dalam Negeri berjumlah 19 orang dan lulusan Luar Negeri berjumlah 15 orang, yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidang keahlian.  Berbagai kompetensi yang dimiliki antara lain Kimia, Farmakologi, Farmasi Klinik, Analisis Farmasi, Kimia Medisinal, Biologi Farmasi, Analisis Farmasi, Farmasetika, Teknologi Farmasi, Pengobatan Islami, dan lain-lain.  Dosen-dosen yang dimiliki antara lain Prof. Dr. Achmad Mursyidi, M.Sc., Apt., Dr. dr. Akrom, M.Kes., Dr. Dyah Aryani Perwitasari, Ph.D., M.Si., Apt., Dr.rer.nat. Endang Darmawan, M.Si., Apt., Dr.Laela Hayu Nurani, M.Si, Apt., Moch. Saiful Bachri, Ph.D., M.Si., Apt., Dr.Nining Sugihartini, M.Si., Apt., Dr. Nurkhasanah, M.Si., Apt., Dr. Tedjo Yuwono, Apt., Prof. Abdul Rahman,  Ph.D., M.Si., Apt., Prof. Dr. Achmad Fudholi, DEA., Apt., Prof. Dr. Nurfina Aznam, SU., Apt., Prof. Drs. Sugiyanto, Ph.D., SU.,Apt., Prof. Subagus. Wahyuono, SU., Apt., Prof. Dr.Suwidjiyo Pramono, Apt., Prof.Dr.  Zullies Ikawati, Apt., dan lain-lain.

Fasilitas Laboratorium

Kegiatan praktek mahasiswa didukung dengan fasilitas Lab. Penelitian Terpadu, Lab Kimia, Lab Biologi Farmasi, Lab. Farmakologi, Lab Farmasetika dan Teknologi Farmasi. Beberapa peralatan yang dimiliki HPLC, Spektrofotometer UV, Densitometer, Oven, Kandang hewan Uji, Pencetak tablet, Pengering skala besar, dan lain-lain.

Tersedianya sarana akses internet melalui jalur LAN (anjungan komputer) dan Hotspot Area, serta perpustakaan yang dilengkapi dengan perpustakaan digital (http://digilib.uad.ac.id) dan ruang diskusi yang nyaman untuk mendukung kegiatan mahasiswa dalam memperdalam ilmu farmasi. Ruang kuliah ber-AC dengan berbagai fasilitas antara lain LCD Proyektor, Audio Visual, dan lain-lain merupakan bagian layanan prima untuk menciptakan suasana akademik yang nyaman sebagai tempat belajar. Adanya Apotek UAD, klinik kesehatan, kantin, koperasi mahasiswa, Koperasi ADI (dosen-karyawan) serta berbagai layanan lebih memudahkan bagi mahasiswa untuk mengakses berbagai kebutuhan selama berada di kampus.

Web Magister Farmasi  :  http://pasca-farmasi.uad.ac.id/