You are here

Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Indonesian

Pengantar

Magister Manajemen Pendidikan (S2) berdiri berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional Nomor 167/E/O/2011, tanggal 5 Agustus 2011.  Program studi ini mengkaji dan menyiapkan sarjana manajemen pendidikan yang mampu mengelola lembaga-lembaga pendidikan, terutama manajemen di tingkat menengah dan bawah. Kedepan prodi berusaha menggali gagasan, pemahaman dan praktik kepemimpinan, dan manajemen lokal di Indonesia di tingkat menengah dan keluarga yang direfleksikan ke gagasan, teori dan praktek yang cocok dengan tuntutan pendidikan masa kini.

Visi

Menjadikan program studi pascasarjana manajemen pendidikan bertaraf Internasional yang mempunyai keunggulan komparatif, kreatif dan inovatif yang berbasis nilai-nilai keislaman dan didukung oleh kemajuan keilmuan, penelitian dan teknologi

Misi

  1. Menyiapkan pemimpin pendidikan yang bermoral dan profesional.
  2. Memperbaiki kinerja sistem pendidikan yang kaffah (utuh dan menyeluruh).
  3. Melakukan Penelitian Pengelolaan Pendidikan untuk memajukan pakis pendidikan.
  4. Membangun jaringan kerja perbaikan pendidikan multikultural yang islami.
  5. Membangun dan mengembangkan sistem informasi pendidikan.

Kompetensi Utama

Lulusan harus mampu berfikir holistik, komprehensif, dan Islami, mempunyai kemampuan untuk mengembangkan kemitraan pendidikan, mampu merumuskan strategi perbaikan pendidikan, mampu meneliti dalam bidang manajemen pendidikan, mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi, mempunyai kemampuan konseptual; mempunyai kemampuan hubungan interpersonal, mempunyai kemampuan berorganisasi dan perbaikan organisasi, mempunyai kemampuan mendelegasi wewenang, mampu bekerja tim, berwawasan luas, toleran dan menghargai keanekaragaman, mempunyai kemampuan berfikir sistem, mempunyai kemampuan analisis terhadap perilaku organisasi dan konteksnya, mempunyai kemampuan untuk berfikir kritis, kreatif, inovatif, mempunyai kemampuan untuk mengevaluasi kebijakan dan program pendidikan.

Kompetensi Pendukung

Menghasilkan peneliti yang mempunyai kemampuan analisis kebijakan pendidikan berbasis manajemen budaya majemuk, mempunyai kemampuan analisis kebijakan pendidikan berbasis penelitian, mempunyai kemampuan mengembangkan Manajemen Pendidikan berbasis khasanah lokal, mempunyai kemampuan berbagai penguasaan teknis; mempunyai kemampuan menulis berbagai bentuk artikel ilmiah.

Kompetensi Dosen

Dosen-dosen prodi Manajemen Pendidikan memiliki kompetensi Doktor Guru Besar dan Doktor sesuai dengan bidang keahlian. Berbagai kompetensi filsafat ilmu dan kebijakan, pendidikan komparatif, supervisi pendidikan, penelitian pendidikan, analisis ekonomi pendidikan, teori dan perilaku organisasi. Dosen-dosen yang dimiliki antara lain: Prof. Suyata, Ph.D., Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, Prof. Dr. Noeng Muhadjir, Prof. Dr. Aliyah Rasyid Baswedan, Prof. Sarbiran, M.Ed., Ph.D., Prof. Dr, Wuradji, Dr. Sugito, M.Si., Sumarno, M.Sc., Ph.D., dan lain-lain.

Lab Manajemen Pendidikan

Terdiri dari laboratorium di lapangan dan di kampus, untuk meneliti dan mengkaji berbagai Best Practices Pendidikan. Lab pendidikan menjadi forum diskusi proses penelitian dan hasil penelitian.

Aktivitas  Mahasiswa

Mahasiswa Manajemen Pendidikan aktif melakukan berbagai kegiatan baik penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta aktif mengikuti berbagai seminar dan berbagai forum diskusi, baik di dalam negeri maupum di luar negeri antara lain ke Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Web Manajemen Pendidikan  :   http://pasca-mp.uad.ac.id/