You are here

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Indonesian

Pengantar

Dengan Semakin Berkembangnya Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, Kebutuhan Untuk Mengusai Bahasa Inggris Oleh Bangsa Indonesia, Terutama Para Intelektual Dan Calon Intelektualnya (Mahasiswa Dan Pelajar), Tampak Semakin Nyata. Hal Ini Disebabkan Oleh Status Atau Kedudukan Bahasa Inggris Di Dunia Pada Saat Ini. Bahasa Inggris Merupakan Salah Satu Bahasa Terbesar Di Dunia Yang Dipakai Sebagai Bahasa Komunikasi Baik Lisan Maupun Tertulis. Di Era Globalisasi, Kedudukan Bahasa Inggris Semakin Menguat Karena Bahasa Tersebut Dipakai Di Dalam Semua Bidang Seperti:
Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, Komunikasi, Politik, Ekonomi, Perdagangan, Perbankan, Budaya, Seni, Dan Film.

Bagi Bangsa Indonesia, Bahasa Inggris Merupakan Bahasa Asing Pertama Yang Harus Dipelajari Dan Dikuasai Oleh Para Pelajar Dan Mahasiswa. Bahasa Inggris, Yang Semula Diajarkan Mulai Kelas 1 SLTP, Sekarang Mulai Diperkenalkan Di Sekolah Dasar (SD) Sejak Kelas 4, Dan Bahkan Beberapa Sekolah Yang Mapan Mulai Memberikan Pelajaran Bahasa Inggris Kepada Para Siswanya Sejak Mereka Duduk Di Kelas 1. Yang Menjadi Permasalahan Di Lapangan Adalah Adanya Kesenjangan Antara Harapan Masyarakat Indonesia Yang Semakin Kuat Dalam Menguasai Bahasa Inggris Secara Baik Dan Ketersediaan Sumberdaya Manusia (SDM) Yang Antara Lain Mampu Berpikir Secara Strategis, Mampu Melakukan
Perencanaan, Problem Solving, Dan Tindakan Secara Nyata Sehingga Tercipta Semacam Jembatan Untuk Segera Dilakukannya Perbaikan Dan Peningkatan Mutu Pengajaran Bahasa Inggris Di Indonesia. Mengingat Pentingnya Bahasa Inggris Baik Secara Eksternal Maupun Internal, Dipandang Perlu Bagi Universitas Ahmad Dahlan Untuk Berpartisipasi Dalam Menyiapkan Tenaga Kependidikan Bergelar Magister (S-2) Pendidikan Bahasa Inggris (English Language Teaching) Yang Mampu: (1) Berpikir Secara Kritis Dan Komprehensif, (2) Melakukan Perencanaan Strategis (Strategic Planning) Yang Meliputi : Seleksi, Pembuatan Peringkat Atau Prioritas, Dan Presentasi Bahan Ajar, (3) Problem Solving, (4) Evaluasi, Dan (5) Kontekstualiasi Dengan Perkembangan Dan Kebutuhan Masyarakat Serta Pasar.

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul dalam bidang Pembelajaran Bahasa Inggris (ELT) yang integratif berbasis penelitian dan teknologi yang berlandaskan nilai-nilai keislaman dan berwawasan Global

Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Inggris (ELT) yang integratif berlandaskan ilmu linguistik, sastra, dan budaya dalam suasa akademik yang menjunjung tinggi nilai keislaman.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan penulisan karya ilmiah yang relevan dengan ilmu kependidikan dan Pembelajaran Bahasa Inggris (ELT) sehingga bisa menghasilkan temuan-temuan mutakhir dan aplikatif yang berguna bagi masyarakat luas.
  3. Menyelenggarakan dan mengembangkan layanan sosial dan kebakaran kepada masyarakat dalam bidang ilmu kependidikan dan Pembelajaran Bahasa Inggris (ELT) melalui kerja sama dengan stakeholder.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang relevan dengan kebutuhan pembangunan dan masyarakat yang mampu melaksanakan perubahan-perubahan sosial dan tata nilai masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, menghasilkan karya akademik dan temuan-temuan yang bermakna dan berbobot serta berguna bagi kemanusiaan.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian yang bisa memperkuat kepakarannya dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (ELT) sehingga mampu memenuhi tuntutan pasar atau masyarakat saat ini.
  4. Menghasilkan ilmuwan dan praktisi yang profesional dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (ELT) yang berakar pada linguistik, sastra dan budaya serta memiliki kemampuan untuk menerapkan ilmu dan keahliannya pada bidang-bidang lain yang serumpun ataupun yang di luar rumpunnya baik tingkat dasar, menengah, maupun pendidikan tinggi.

Web Magister Pendidikan Bahasa Inggris : http://pascapbi.uad.ac.id