You are here

Program Studi Magister Psikologi Profesi

Indonesian

Pengantar

Program Magister Psikologi Profesi UAD diselenggarakan sesuai ijin DIKTI No. 4154/D/T/2005 dan ijin PP HIMPSI No. 010/PP-Himpsi.J.P/DJJJ/05, sebagai bentuk tanggung jawab moral Persyarikatan Muhammadiyah dalam upaya mencerdaskan bangsa, pencerahan, serta integritas moral dan intelektual umat dengan landasan amar ma’ruf nahi mungkar. Program Studi ini dibuka untuk memenuhi tuntutan masyarakat dan perkembangan ke arah pengembangan psikologi dan penerapannya. Magister Psikologi Profesi memiliki visi untuk menghasilkan lulusan yang profesional dalam pengembangan ilmu dan pemberian layanan psikologis kepada masyarakat, berwawasan global dan berdasarkan nilai-nilai islami.

Kompetensi Lulusan

Sejalan dengan visi, program studi ini mampu menghasilkan lulusan jenjang magister dan sekaligus psikolog yang mampu berperan dalam penguasaan dan pengembangan teori, metode asesmen dan intervensi psikologis berbasis hasil riset dan mampu mengembangkan metode dan teknik asesmen dan intervensi dengan mempertimbangkan budaya Indonesia dan nilai-nilai Islam  serta kode etik psikologi Indonesia.

Lulusan Magister Psikologi Profesi yang mampu berperan dalam penerapan ilmu psikologi tampak dari alumni yang sudah bekerja di berbagai industri, sebagai psikolog di puskesmas maupun instansi negeri dan swasta atau menjadi staf pengajar di beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia dalam pengembangan keilmuan. Semakin tingginya tingkat keterserapan lulusan Magister Psikologi Profesi dalam beberapa bidang tidak lepas dari profesionalisme dan landasan  nilai-nilai keislaman yang berkomitmen pada keunggulan serta pengembangan pengetahuan yang berwawasan global.

Kompetensi Dosen

Didukung dengan staf pengajar yang berkompetensi psikolog lulusan Universitas Gadjah Mada, University of Iowa, UMEA Swedia, Tokyo Gakugei University,  serta beberapa universitas lainnya baik dalam maupun luar negeri, Magister Psikologi Profesi mampu bersaing dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan dapat memberikan sumbangan dalam bidang akademik baik dalam penerapan ilmu secara ilmiah maupun dalam pengabdian kepada masyarakat. Staf pengajar terdiri dari 6 Profesor dan  10 Doktor, serta 4 calon Doktor.

Fasilitas

Kegiatan praktek mahasiswa didukung dengan fasilitas Laboratorium Psikologi antara lain Laboratorium Observasi Anak, Laboratorium Konseling, serta Laboratorium Tumbuh Kembang Anak.  Tersedianya sarana akses internet melalui jalur LAN (anjungan komputer) dan Hotspot Area, serta perpustakaan yang dilengkapi dengan perpustakaan digital (http://digilib.uad.ac.id) dan ruang diskusi yang nyaman untuk mendukung kegiatan mahasiswa dalam memperdalam ilmu psikologi dan perkembangannya. Ruang kuliah ber-AC dengan berbagai fasilitas antara lain LCD Proyektor, Audio Visual, dan lain-lain merupakan bagian layanan prima untuk menciptakan suasana akademik yang nyaman sebagai tempat belajar.  Adanya Apotek UAD, kantin, koperasi mahasiswa, Koperasi ADI (dosen-karyawan) serta berbagai layanan lebih memudahkan bagi mahasiswa untuk mengakses berbagai kebutuhan selama berada di kampus UAD.

Web Magister Psiko Profesi  :  www.pascapsi-profesi.uad.ac.id