You are here

Program Studi Magister Psikologi Sains

Indonesian

Pengantar

Program Magister Psikologi Sains didirikan pada 29 Desember 2005 berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Kemdiknas No : 4154/D/T/2005.  Magister Psikologi Sains memiliki visi menjadi program studi  yang unggul dan kompetitif dengan keunikan pada psikologi indegenous yang mengedepankan nilai-nilai Islam dan budaya Indonesia, yang pada tahun 2022 dapat berkompetisi secara global.  Sedangkan misinya adalah menjalankan seluruh proses akademik di prodi secara profesional dan Islami, menyelenggarakan program-program untuk meningkatkan kompetensi akademik dosen yang sesuai dengan lingkup kompetensi magister sain psikologi, menyelenggarakan pembinaan kemahasiswaan yang melekat dan berkelanjutan demi tercapainya lulusan yang berkualitas unggul dan Islami, mendorong terselenggaranya penelitian dosen dan mahasiswa yang berkualitas sesuai dengan konteks budaya Indonesia dan Islam, memberikan layanan pengembangan kompetensi kepada masyarakat melalui kolaborasi atau kerjasama dengan sekolah muhammadiyah atau universitas antar muhammadiyah atau institusi lain.

Mahasiswa berasal dari mahasiswa S1 lulusan program studi psikologi, bimbingan konseling, serta program studi lainnya baik yang kependidikan maupun non-kependidikan.  Gelar lulusan Magister Psikologi Sains adalah Magister Psikologi (M.Psi.).

Akreditasi

Terakreditasi B (SK BAN PT No :  124/SK/BAN-PT/Ak-X/M/V/2013)

Kompetensi Lulusan

Pengembangan Teori Psikologi

  1. Mampu melakukan evaluasi, membandingkan, mengaitkan dan merumuskan kembali teori psikologi secara kontekstual.
  2. Dalam ranah Pengetahuan maka lulusan Magister Psikologi Sains harus:Mampu mengetahui teori-teori Psikologi; Membandingkan teori-teori Psikologi; Mengaitkan teori-teori Psikologi.
  3. Dalam ranah Keterampilan maka lulusan Magister Psikologi Sains harus mampu  Merumuskan hasil penelaahan teori-teori psikologi dalam bentuk tesis/ proposisi/ hipotesis yang akan dikembangkan menjadi alternatif teori baru; Terampil memanfaatkan teori-teori psikologi dalam penelitian.
  4. Dalam ranah Sikap maka lulusan Psikologi Sains akan mampu bersikap kritis terhadap berbagai konsep, model, pendekatan yang berkenaan dengan psikologi.

Penelitian Tingkat Lanjut dalam Bidang Ilmu Psikologi

  1. Memahami dasar-dasar penelitian kualitatif dan kuantitatif dan menguasai desain penelitian.
  2. Melakukan penelitian yang berorientasi pada pengambangan ilmu
  3. Menyusun laporan hasil penelitian
  4. Mempublikasikan penelitian
  5. Mematuhi kaidah penulisan ilmiah sehubungan dengan kejujuran akademik

Transfer Pengetahuan

  1. Mampu mengajarkan ilmu psikologi untuk kepentingan akademis jenjang S1
  2. Mampu menggunakan ilmu psikologi untuk menerangkan gejala yang muncul di masyarakat
  3. Mampu mempresentasikan ilmu psikologi dalam forum akademik maupun masyarakat umum
  4. Terampil mengembangkan mahasiswa psikologi secara akademik
  5. Mampu melakukan pengabdian pada masyarakat tentang ilmu psikologi
  6. Menumbuhkan iklim akademik dalam proses belajar mengajar

Kompetensi Dosen

Magister Psikologi Sains UAD didukung staf pengajar yang berkompetensi bidang psikolog lulusan dari dalam negeri dan luar negeri, antara lain Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, University of Iowa, University Malaya, University Kebangsaan Malaysia, dan lain-lain . Magister Psikologi Sains mampu bersaing dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan dapat memberikan sumbangan dalam bidang akademik baik dalam penerapan ilmu secara ilmiah maupun dalam pengabdian kepada masyarakat.  Staf pengajar terdiri dari 3 Profesor dan  6 Doktor, serta 2 calon Doktor yang ahli dalam ilmu psikologi, pendidikan, psikologi Islam, psikologi industri dan psikologi sekolah.

Fasilitas

Tersedianya sarana akses internet melalui jalur LAN (anjungan komputer) dan Hotspot Area, serta perpustakaan yang dilengkapi dengan perpustakaan digital (http://digilib.uad.ac.id) dan ruang diskusi yang nyaman untuk mendukung kegiatan mahasiswa dalam memperdalam ilmu psikologi dan perkembangannya. Ruang kuliah ber-AC dengan berbagai fasilitas antara lain LCD Proyektor, Audio Visual, dan lain-lain merupakan bagian layanan prima untuk menciptakan suasana akademik yang nyaman sebagai tempat belajar. Adanya Apotek UAD, kantin, koperasi mahasiswa, Koperasi ADI (dosen-karyawan) serta berbagai layanan lebih memudahkan bagi mahasiswa untuk mengakses berbagai kebutuhan selama berada di kampus.

Web Magister Psikologi Sains : http://pascapsi-sains.uad.ac.id