You are here

Program Studi Manajemen

Indonesian

Pengantar

Pada era globalisasi semakin dibutuhkan adanya tenaga manajerial yang profesional, berwawasan luas, dan selalu siap terhadap berbagai perubahan. Program studi Manajemen membekali mahasiswanya dengan berbagai ilmu yang menciptakan kemandirian, wawasan yang luas, kemampuan untuk mengambil keputusan yang cepat dan tepat, etika bisnis, dan tak kalah penting adalah bekal agama Islam (IMTAQ) yang kuat.  Program studi Manajemen resmi dibuka tahun 1997.  Program studi Manajemen memiliki empat konsentrasi, yaitu manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, dan manajemen operasi.  Lulusan bergelar Sarjana Ekonomi (S.E.).

Visi
 
Menjadi program studi manajemen yang unggul dalam ilmu manajemen dan bisnis berwawasan global yang dilandasi nilai-nilai ke-Islaman.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkualitas.
  3. Meningkatkan pemahaman keislaman sebagai landasan pengembangan ilmu dan kehidupan akademik.
  4. Menjalin kerjasama dengan institusi lain baik pemerintah dan swasta serta institusi lain yang relevan dengan pengembangan program studi

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana ekonomi yang menguasai bidang ilmu manajemen dan bisnis dan mampu mengaplikasikannya secara profesional.
  2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkualitas.
  3. Membentuk civitas akademika islami.
  4. Menjaga dan mengembangkan kerjasama dengan institusi lain baik pemerintah dan swasta serta institusi lain yang relevan dengan pengembangan program studi.

Akreditasi

Terakreditasi B (SK BAN PT Nomor 013/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2015)

Prospek Lulusan

Manajer, analis keuangan, konsultan, wirausaha, dosen, PNS dan lain sebagainya.

Kompetensi

Kompetensi utama

  1. Kognitif (Knowledge)

Memiliki pengetahuan dan kemampuan manajerial dibidang manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia dan manajemen operasional sehingga mampu memberikan kontribusi optimal dalam pengembangan ilmu manajemen dan bisnis dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

  1. Psikomotorik (Skills)

Mampu memahami, menganalisis dan mengambil keputusan dibidang manajemen dan bisnis sehingga memiliki keunggulan kompetitif dan adaptif terhadap perkembangan ilmu dan teknologi; mampu menerapkan teknik analisis dibidang manajemen guna menganalisis secara kritis berbagai persoalan manajemen dan bisnis; serta mampu mengkomunikasikan dan mentransformasikan keahlian dibidang manajemen melalui berbagai forum baik kalangan akademisi maupun masyarakat luas.

  1. Afektif (Attitude)

Memliliki kepribadian sebagai seorang profesional dibidang manajemen dan bisnis secara Islami, dan memiliki integritas sebagai ilmuwan yang berkualitas, berjiwa entrepreneur, mandiri dan inovatif.

Kompetensi penunjang

Memiliki keterampilan berkomunikasi secara lisan dan tulisan menggunakan bahasa nasional dan atau internasional dengan baik dan benar, memiliki keterampilan dalam mengumpulkan dan menganalisis informasi baik primer maupun sekunder, memiliki keterampilan mengolah dan menganalisis data serta mengambil keputusan manajerial yang berbasis teknologi informasi, dan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan dibidang organisasi sehingga menghasilkan kinerja organisasi yang efisien dan efektif.

Kompetensi Khusus

Lulusan memiliki kemampuan dalam mengelola risiko, perpajakan dan aplikasi komputer dibidang manajemen dan bisnis.

Pengajar

Memiliki 12 dosen magister/master lulusan dari dalam negeri, 4 diantaranya saat ini sedang menempuh studi S3. Dosen memiliki sejumlah bidang keahlian, seperti manajemen keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, dan operasional.

Fasilitas Pendukung

Perkuliahan ditunjang oleh sejumlah fasilitas seperti ruang kuliah  dengan LCD dan audio visual, perpustakaan, masjid, koperasi, kantin, ruang parkir, lapangan olahraga, poliklinik, apotek, pesantren mahasiswa, dan area ber-WiFi. Selain itu, tersedia laboratorium serta pojok bursa. Laboratorium sebagai tempat mahasiswa untuk praktek pengolahan data, dilengkapi 40 unit komputer, AC, dan LCD. Di pojok bursa, mahasiswa dapat melakukan transaksi di pasar modal, serta mendapatkan data-data keuangan untuk penelitian.

Prestasi Mahasiswa

Beberapa prestasi unggulan, diantaranya  :

  1. Program Kreatifitas Mahasiswa Bidang PKMK pada bulan Mei 2010 atas nama Istiana Sari Damaryanti
  2. Program Kreatifitas Mahasiswa Bidang PKMK pada Mei 2010 atas nama Syamsul Hadi
  3. Program Kreatifitas Mahasiswa Bidang PKMK pada Desember 2010 atas nama Pandu Adi Putra

 

Web Program Studi Manajemen : http://manajemen.uad.ac.id