You are here

Program Studi Matematika

Indonesian

Pengantar

Program Studi Matematika berkomitmen menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang matematika yang berkualitas dan dipercaya masyarakat dengan didukung oleh fasilitas yang memadai dan staf pengajar yang kompeten.  Mahasiswa tidak hanya belajar keterampilan dasar matematika seperti menghitung dan keterampilan teknis baku lainnya tetapi juga akan memperoleh pengetahuan dan wawasan yang memadai tentang matematika dan terapan matematika pada bidang-bidang lain. Banyak permasalahan di bidang industri, teknik, biologi, kesehatan, sains, bisnis, dan ekonomi dapat dimodelkan secara matematika dan disimulasikan dengan bantuan komputer untuk memecahkan masalah tersebut. Oleh karena itu, diperlukan orang-orang yang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam simulasi komputer dari model matematika, dan mampu menganalisa dan mengkomunikasikan hasil simulasinya kepada pihak lain.  Konsentrasi yang ditekankan pada kurikulum Program Studi Matematika adalah matematika dan komputasi saintifik. Komputasi saintifik adalah ilmu yang mengintegrasikan alat, metoda, dan teori yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu model matematika dengan memanfaatkan simulasi komputer. Sains komputasi mencakup pemodelan, simulasi dan analisis dari fenomena-fenomena di bidang sain dan rekayasa melalui komputasi.  Lulusan mendapat gelar Sarjana Sains (S.Si.).

Visi

Menjadi Program studi yang unggul dalam penguasaan matematika dan komputasi saintifik yang berkualitas global dilandasi moral dan nilai islam.

Misi

  1. Menyelenggarakan program akademik bidang matematika disertai praktikum yang berkualitas.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang Matematika dan penerapannya untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan meningkatkan kompetensi keilmuan dosen dan mahasiswa.
  3. Memberikan jasa pelayanan pada masyarakat di bidang matematika dan komputasi.
  4. Melakukan kerja sama dengan pihak lain dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana matematika yang menguasai ilmu matematika dan komputasi dengan baik yang dilandasi moral dan nilai Islam.
  2. Menghasilkan penelitian yang bermanfaat untuk pengembangan ilmu matematika dan aplikasinya.
  3. Mempunyai kontribusi dalam pemecahan berbagai persoalan dalam masyarakat dan pengembangan IPTEK.
  4. Mengembangkan jaringan kerja sama untuk peningkatan kualitas Tri Dharma perguruan tinggi.

Akreditasi

Terakreditasi B (SK BAN-PT No. 1683/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2016)

Prospek Lulusan

Profil lulusan dapat dikelompokan dalam 3 kategori yaitu ilmuwan (dosen, guru, peneliti), manajer (bank, instansi pemerintah, perusahaan BUMN, asuransi, industri), serta wirausaha (konsultan, lembaga pendidikan, IT).

Kompetensi

Lulusan menjadi sumber daya yang handal di bidang matematika dan komputasi saintifik dengan bekal kemampuan wirausaha sehingga dapat bersaing di pasar kerja atau menciptakan lapangan kerja. Lulusan memiliki pemahaman yang utuh mengenai konsep-konsep matematika, menjadi sarjana yang  mampu berfikir deduktif, induktif, logis, analitis, terstruktur, dan sistematis dalam memahami dan menyelesaikan masalah.

Pengajar

Memiliki 1 orang Guru Besar, 5 doktor, 8 master/magister, dan 1 dosen tengah menempuh program doktoral. Para dosen merupakan lulusan dari dalam dan luar negeri, seperti UGM, ITB, UMT dan UTHM Malaysia, dengan sejumlah bidang keahlian, seperti Analisis, Statistika Terapan, Statistik, Matematika Terapan, Aljabar, dan Soft Computing.

Fasilitas Pendukung

Kegiatan akademik dilengkapi dengan fasilitas seperti ruang kuliah dilengkapi LCD,  Laboratorium Komputasi dan Analisis Data Statistik. Fasilitas perpustakaan telah dilengkapi dengan perpustakaan digital (http://digilib.uad.ac.id), akses internet gratis, dan berbagai macam beasiswa (Bidikmisi, BBM, PPA, supersemar, beasiswa bank rekanan UAD).

Prestasi Mahasiswa

Beberapa prestasi unggulan, yaitu :

  1. Beasiswa jenjang S2 di UMT Malaysia yang diperoleh Nursyiva Irsalinda dan Ika Nur Afiati
  2. Juara II Olimpiade Matematika Kopertis V tahun 2010 atas nama Tamara Hoya Bella
  3. Juara III Olimpiade Matematika Kopertis V tahun 2010 atas nama Bangkit Satria Utama

Web Program Studi Matematika : http://math.uad.ac.id