You are here

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Indonesian

Pengantar

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan berdiri mulai tahun 1981 dengan bukti SK Pendirian Program Studi Nomor 0307/0/1981, yang ditandatangani Dr. Daoed Joesoef. Program studi ini memiliki visi pada tahun 2030 menjadi program studi yang unggul, inovatif, berwawasan global dan berbasis nilai keislaman, sedangkan misinya Pertama; menyelenggarakan program pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang unggul, inovatif, berwawasan global dan berbasis nilai keislaman. Kedua; menyelenggarakan penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang unggul, inovatif, berwawasan global dan berbasis nilai keislaman. Ketiga; menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia atau bidang lain yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat. Keempat; mengembangkan jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan lembaga di lingkungan persyarikatan Muhamamdiyah dan lembaga lain, baik nasional maupun internasional. Gelar yang diberikan kepada lulusan adalah Sarjana Pendidikan (S.Pd.).

Visi

Pada tahun 2030 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menjadi program studi yang unggul, inovatif, berwawasan global, dan dijiwai nilai-nilai Islam.

Misi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang unggul, inovatif, berwawasan global, dan dijiwai nilai-nilai Islam.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang unggul, inovatif, berwawasan global, dan dijiwai nilai-nilai Islam.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia/bidang lain yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan lembaga di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah dan lembaga lain, baik nasional maupun internasional.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang berkualitas, berlandaskan iptek, dan dijiwai nilai-nilai Islam.
  2. Menghasilkan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia sehingga terwujudnya hasil penelitian yang berkualitas, berlandaskan iptek, dan dijiwai nilai-nilai Islam.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pengembangan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang berkualitas, berlandaskan iptek, dan nilai keislaman
  4. Menghasilkan kerjasama dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan lembaga pemerintah dan swasta, baik tingkat nasional maupun internasional.

Akreditasi

Terakreditasi A (990/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015)

Kompetensi Lulusan

Alumni PBSI dapat bekerja menjadi dosen, guru, dan peneliti. Selain itu, alumni PBSI juga berpeluang bekerja menjadi pegawai negeri, jurnalis, penulis, penerjemah, penyunting buku, humas, dan pengajar BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing).

Pengajar

Staf pengajar di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD adalah 2 Guru Besar, 4 Lektor Kepala, 5 Lektor dan 14 Asisten Ahli.

Fasilitas Penunjang

  • Ruang Kuliah dilengkapi LCD dan sebagian besar dilengkapi AC
  • Pusat Sumber Belajar (Perpustakaan)
  • Laboratorium Pemeranan
  • Laboratorium Bahasa
  • Laboratorium Jurnalistik
  • Laboratorium Multimedia
  • Poliklinik
  • Dana Sehat Muhammadiyah
  • Apotek UAD
  • Koperasi Mahasiswa
  • Beasiswa dari UAD dan luar UAD
  • Masjid dan Pembinaan Mental Spiritual
  • Internet
  • Pembayaran Online

Prestasi Mahasiswa

  1. Juara I Kompetisi Wirausaha Muda Istimewa Tingkat Universitas, 2016     
  2. Juara I Musikalisasi Puisi Festival Sastra UGM, 2016          
  3. Juara I Penyaji Pembacaan Puisi Terbaik Festival Sastra UGM, 2016          
  4. Juara I Musikalisasi Puisi Pekan Seni Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah, 2015
  5. Juara II Monolog Pekan Seni Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah, 2015
  6. Juara Harapan I Baca Puisi Putri Pekan Seni Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah, 2015
  7. Puput Alviani, Juara Harapan I PEKSIMIDA – BPSMI DIY, 2014           
  8. Nasirin, Juara I Tangkai Lomba Penulisan Lakon PEKSIMIDA – BPSMI DIY, 2014
  9. Anggtya Ryandika Rusman, Juara III Tangkai Lomba Penulisan Cerpen PEKSIMIDA – BPSMI DIY, 2014      
  10. Afridal Akbar Hidayat, Juara III Tangkai Lomba Penulisan Puisi, 2014
  11. Angga Trio Sanjaya, Penulis Puisi Esai Terbaik Lomba Menulis Puisi Esai Tahun Kedua, 2014
  12. Niswatun Khasanah, Juara I Tangkai Lomba Penulisan Puisi, 2014
  13. R.D. Hananta, Juara II Putra Turnamen Bola Voli antarPerguruan Tinggi se-Yogyakarta, 2014
  14. Selvia, Juara II Putri Turnamen Bola Voli antarPerguruan Tinggi se-Yogyakarta, 2014
  15. Ryan Terna Kuswanto, Juara 3 Seni Beregu Jurus Harimau Putra Dewasa/Mahasiswa  Airlangga Championship Tapak Suci National Open Cup, 2014
  16. dan prestasi lainnya

 

Web Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : http://pbsi.uad.ac.id