You are here

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Indonesian

Pengantar

Program Studi mendapatkan status terdaftar pada 3 Maret 1984, yang dituangkan dalam SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0139/0/1984.  Program Studi memiliki visi menjadi program studi yang unggul dan kompetitif di bidang pendidikan bahasa Inggris dan berkualitas global berdasarkan pada nilai-nilai keislaman, sedangkan misinya : menjalankan seluruh proses akademik secara profesional dan berdasarkan pada nilai-nilai keislaman, menyelenggarakan program  untuk meningkatkan kompetensi profesional sivitas akademika yang didukung dengan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi, menyelenggarakan pembinaan kemahasiswaan yang berkelanjutan  demi tercapainya lulusan yang berkualitas global dengan nilai-nilai keislaman dan terciptanya kader yang dapat melangsungkan amal usaha Muhammadiyah, mengembangkan ilmu di bidang pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris melalui penelitian dan publikasi karya ilmiah dosen dan mahasiswa yang berkualitas secara institusional, nasional maupun internasional, melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat dan mengembangkan jalinan kerjasama dengan berbagai lembaga di tingkat regional, nasional maupun internasional. Lulusan mendapat gelar S.Pd.

Visi

Menjadi sebuah Program Studi yang unggul dan kompetitif di bidang pendidikan bahasa Inggris dan berkualitas global berdasarkan pada nilai-nilai keislaman

Misi

  1. Menjalankan seluruh proses akademi di PS Pendidikan Bahasa Inggris secara profesional dan berdasarkan pada nilai-nilai keislaman
  2. Menyelenggarakan program-program untuk meningkatkan kompetensi profesional sivitas akademika yang didukung dengan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi
  3. Menyelenggarakan pembinaan kemahasiswaan yang berkelanjutan demi tercapainya lulusan yang berkualitas global dengan nilai-nilai keislaman da terciptanya kader yang adat melangsungkan amal usaha Muhammadiyah
  4. Mengembangkan ilmu di bidang pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris melalui penelitian dan publikasi karya ilmiah dosen dan mahasiswa yang berkualitas secara institusional, nasional maupun internasional
  5. Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat dan mengembangkan jalinan kerja sama dengan berbagai lembaga di tingkat regional,nasional maupun internasional

Akreditasi

Terakreditasi A (SK BAN PT No : 2860/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016)

Kompetensi Lulusan

1.      Kompetensi Utama

  • Memahami dan menerapkan keterampilan dalam bahasa Inggris untuk komunikasi sehari-hari baik secara lisan maupun tertulis.
  • Memahami dan menerapkan prinsip dasar pendidikan, profesi kependidikan, peserta didik, dan manajemen pendidikan.
  • Memahami dan menerapkan prinsip pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris.
  • Memahami dan menerapkan prinsip evaluasi dalam pengajaran bahasa Inggris.
  • Memahami dan menerapkan pendekatan dalam pengajaran bahasa Inggris.
  • Memahami dan menerapkan prinsip pengembangan kurikulum dan materi ajar bahasa Inggris.
  • Memahami dan menerapkan prinsip dasar pengembangan materi bahasa Inggris untuk tujuan tertentu.
  • Memahami dan menerapkan prinsip dasar ilmu bahasa.
  • Memahami dan menerapkan prinsip dasar ilmu kesastraan.
  • Menunjukkan sikap yang positif terhadap profesi guru dengan menunjukkan kompetensi di bidangnya.
  • Memiliki kemampuan untuk mengelola kelas dalam proses pembelajaran.
  • Memahami dan menerapkan prinsip dasar ke-Islaman dan kemuhammadiyahan dalam pengajaran bahasa Inggris.

2.      Kompetensi Pendukung Lulusan

  • Melaksanakan penelitian sebagai penerapan metode ilmiah dan sikap ilmuwan serta mampu mengkomunikasikan dan mempertanggungjawabkan hasil penelitian sesuai kaidah keilmuan
  • Memahami dan menerapkan pemahaman terhadap lintas budaya, terutama dalam komunikasi bahasa Inggris.
  • Memahami dan menerapkan prinsip menerjemahkan teks dari atau ke teks bahasa Inggris.
  • Melakukan korespondensi/surat menyurat dalam bahasa Inggris.
  • Memiliki kemampuan mengembangkan potensi pariwisata dan mempromosikannya.
  • Memiliki kemampuan mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran baik non-IT maupun IT.
  • Memahami bidang ilmu alamiah dasar untuk mendukung profesi keguruan.

3.      Kompetensi Pilihan Lulusan

  • Memahami dan menerapkan prinsip dasar pengajaran bahasa Inggris untuk anak-anak.
  • Memahami dan menerapkan prinsip dasar jurnalisme dalam bahasa Inggris.

Kompetensi Dosen

Dosen tetap program studi terdiri atas 2 (6,5%) dosen berjenjang S3 dan 22 (71,0%) dosen berjenjang pendidikan S2.  2 dari 22 dosen tersebut merupakan lulusan luar negeri dan 5 dari 22 dosen tersebut pada saat ini sedang menempuh jenjang pendidikan S3. Sisanya yaitu sebanyak 7 (22,6%) dosen berjenjang pendidikan S1, akan tetapi keseluruhan dosen tersebut pada saat ini sedang menempuh pendidikan S2.

Fasilitas Penunjang

Beberapa fasilitas antara lain ruang kuliah ber-LCD, AC, laboratorium bahasa (3 unit), laboratorium micro teaching (2 unit), laboratorium multimedia (1 unit), dan laboratorium jurnalisme (1 unit), perpustakaan. Fasilitas-fasilitas yang bersifat penunjang tersebut meliputi ruang auditorium, ruang HMPS, poliklinik, ruang free access, hall kampus, masjid kampus, apotik, rumah susun sewa untuk mahasiswa, dan ruang olah raga terbuka.

Prestasi Mahasiswa

Beberapa prestasi unggulan yaitu  :

  1. Erwanda Bayu Kuntani, Juara I Tingkat ASEAN, ASEAN Youth Award , kategori: Social and Culture Hanoi, Vietnam Desember 2013
  2. Iffah Maya Sari, Juara 1, Invitasi Nasional Pencak Silat antar Perguruan Tinggi Tahun 2013
  3. Miftah Royani,Juara III Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Kopertis Wilayah V Yogyakarta Tahun 2013
  4. Berli Arta, Finalist Decade Esa’a Fair 2013 “Showing Talent of Youth Leader” UNS, Surakarta 2013
  5. Yahya Zakiyya, Juara II, Airlangga Cup Tapak Suci Indonesia Open 2013

Web Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris : http://pbi.uad.ac.id